Asah! 6 Digital Skills Ini Wajib Kamu Kuasai di Tahun 2023

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ada sejumlah pekerjaan termasuk kemampuan yang wajib kamu upgrade di era digital ini, karena nantinya skills ini akan paling banyak dicari.

INDIFFS.COM – Di era digital sekarang ini kamu bakal dituntut untuk mengasah skills digital agar inovatif, kreatif dan serba cepat. Terlebih, di dunia kerja yang sekarang ini pastinya tidak akan lepas dari yang namanya teknologi.

Nah, itulah sebabnya mengapa kamu di haruskan untuk meng-upgrade kemampuan agar tidak ketinggalan jauh. Karena pasalnya, pekerjaan sekarang ini dibutuhkan sejumlah ketrampilan berbasis digital.

Yang mana, perusahaan pun tak melulu memandang hard skill atau nilai akademik kandidat yang melamar kerja. Kerap yang dipandang adalah soft skill atau kemampuan esensial dari seorang kandidat.

Tren Digital Skill yang Harus Dikuasai di Tahun 2023

Terdapat sejumlah pekerjaan skills digital, yang mana pekerjaan ini akan sangat dibutuhkan di tahun 2023. Diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Copywriting

Copywriting merupakan proses penulisan materi promosi dan pemasaran yang mampu membuat para pembaca termotivasi untuk melakukan suatu tindakan (action) tertentu. Seperti tindakan pembelian, memberikan sumbangan, meng-klik tautan, dan sebagainya.

Jelas, tujuannya untuk mempromosikan atau iklan suatu produk. Yang mana, nantinya akan membujuk dan menarik minat konsumen untuk membeli produk karena tulisan tersebut.

Contohnya seperti iklan sari roti, kfc, dan indomie yang terdapat kalimat singkat namun membekas. Nah, pekerjaan inilah yang harus kamu kuasai.

2. Graphic Design

Bagi kamu yang sangat menyukai desain, kamu bisa mengasah kemampuanmu dengan mempelajari skill graphic design. Karena memang, lowongan kerja untuk skill yang satu ini paling sangat dibutuhkan tahun 2023 ini.

Yang mana, skill graphic design tersebut akan mencakup berbagai media seperti desain untuk kemasan produk dan iklan, desain identitas perusahaan, desain web dan media cetak dan lain sebagainya.

3. Web Development

Pengembangan web atau web development ini menjadi salah satu keterampilan di era digital yang bakal dibutuhkan. Ya, sesuai namanya, di sini kamu akan bertanggung jawab untuk merancang serta mengembangkan sebuah website.

Yang mana biasanya, web developer ini akan berkolaborasi dengan web designer. Meski statusnya masih fresh graduate, web developer dapat menghasilkan 4-6 juta rupiah per bulan. Sementara, rata-rata gaji web developer di Indonesia ialah 10 juta.

4. Video Editor

Video editor merupakan skill untuk mengedit video, termasuk di dalamnya memanipulasi video, mengatur pengambilan gambar dan lain-lain. Yang mana, skill video editor ini berguna untuk mengedit konten video untuk sosial media, YouTube, bikin video iklan untuk costumer.

Lebih dari itu, skill ini juga wajib kamu kuasai. Pasalnya skill yang satu ini bakal sangat berguna di tahun 2023. Dimana, nantinya semakin banyak dibutuhkan video editor untuk YouTuber dan konten iklan lainnya.

5. Coding

Skill digital selanjutnya yang harus kamu kuasai ialah coding. Ini juga menjadi salah satu kemampuan yang terus mengalami peningkatan, termasuk pada 2023 ini.

Skill coding ini tak cuma untuk para profesional teknologi saja. Bahkan kini, banyak pekerjaan untuk ahli pengkodean yang dibutuhkan dalam menjalankan kebutuhan bisnis di berbagai sektor lainnya.

Mulai dari pemasaran digital hingga mengecek jaminan kualitas. Adapun dasar-dasar pengkodean yang perlu dikuasai adalah Java, SQL, Python, Ruby, dan bahasa pemrograman lainnya.

6. SEO Specialist

Posisi SEO Specialist ini biasanya memiliki tujuan untuk memaksimalkan traffic website agar website perusahaan berada di pencarian paling atas dan mudah untuk ditemukan. Yang mana, SEO Specialist ini harus memahami algoritma mesin pencarian di internet.

Posisi inilah yang merupakan peran yang cukup sulit karena kamu harus mengetahui tren kata kunci yang tepat dan juga sangat cepat berubah-ubah di internet. Namun, ini menjadi salah satu pekerjaan yang akan tren di 2023 dan wajib kamu asah.

Itulah sejumlah pekerjaan dengan sejumlah skills digital yang nantinya paling di cari di tahun 2023. Tentunya, salah satu kunci utama dalam berkarier adalah terbuka terhadap perubahan. Semoga membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru