Awas! Inilah 7 Gejala Radang Tenggorokan Yang Sering Diabaikan

Dini NHaH 0 Komentar

Radang tenggorokan merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada tenggorokan, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

INDIFFS.COMRadang tenggorokan atau dalam istilah medisnya, faringitis adalah kondisi dimana adanya peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan atau faring, yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Di Indonesia, radang tenggorokan juga sering disebut panas dalam.

Gejala Radang Tenggorokan

Ada beberapa gejala radang yang mengganggu, berikut gejalanya:

a. Sakit Tenggorokan

Gejala yang paling awal radang tenggorokan yaitu terasa sakit pada bagian tenggorokan hingga terbatuk-batuk. Namun jika sakit masih bisa ditelorir karena biasanya hal ini belum parah atau belum menjalar.

b. Nyeri Menelan

Gejala yang kedua adalah perasaan nyeri ketika menelan. Biasanya seseorang dengan gejala nyeri menelan akan merasa seperti ada luka atau sayatan di tenggorokan yang membuat nyeri dan perih ketika menelan.

c. Demam

Bisa terjadi karena dua kasus, penderita terkena demam yang mengakibatkan virus juga mengenai tenggorokan atau penderita mengalami radang tenggorokan dahulu lalu diikuti dengan demam.

d. Kehilangan Suara atau Suara Serak

Gejala ini biasanya disebut dengan Laringitis. Laringitis adalah peradangan yang terjadi pada pita suara. Gejala ini biasanya karena penggunaan laring atau bagian pernapasan letak pita suara, digunakan terlalu berlebihan yang menyebabkan peradangan.

e. Bercak Kemerahan di Langit-langit Mulut

Gejala radang tenggorokan yang lebih berat biasanya muncul bercak kemerahan di langit-langit mulut.

f. Pembesaran Kelenjar Getah Bening di Leher

Hal ini biasanya dikeluhkan sebagai tonjolan di sekitar leher yang terasa sakit. Untuk gejala ini, biasanya karena adanya bakteri atau virus yang menyerang kelenjar getah bening sehingga terjadi pembengkakan.

g. Pembesaran Amandel atau Adanya Bercak Putih atau Nanah

Gejala ini berarti tenggorokan sudah termasuk parah dan baiknya periksakan diri ke dokter. Karena jika sudah mengeluarkan nanah berarti radang sudah parah dan akan semakin parah jika tak segera disembuhkan.

Cara Mengatasi

a. Minum Air Putih Hangat

Cara mengatasi yang pertama yaitu dengan perbanyak minum air putih. Jika malas minum air putih, kamu bisa menambahkan lemon ke dalam segelas air hangat. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi radang tenggorokan.

b. Madu

Cara mengatasi yang selanjutnya yaitu mengonsumsi madu. Kandungan sifat antibakteri dan antivirus pada madu berfungsi efektif untuk membantu melegakan tenggorokan dan mengatasi radang.

c. Kumur Air Garam

Kumur air garam menjadi salah satu cara mengatasi penyakit ini yang cukup efektif. Air garam dapat membantu melapisi dan melembapkan selaput tenggorokan, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri saat menelan makanan.

d. Daun Mint

Daun mint merupakan jenis daun yang kerap digunakan sebagai tambahan makanan atau minuman. Tak hanya memberi sensasi dingin yang menyegarkan, daun mint juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mencegah penyakit ini.

Nah, itulah beberapa gejala dan cara mengatasi radang tenggorokan. Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru