Baca Sholawat Manzilul Muqarrab Agar Dapat Syafaat Rasulullah

Admin 0 Komentar

Sholawat Manzilul Muqarrab yang memiliki keistimewaan jika dibacakan, salah satunya mendapatkan syafaat Rasulullah SAW. Berikut ini bacaannya!

INDIFFS.COM – Diantara bacaan sholawat kepada Rasulullah SAW, ada Sholawat Manzilul Muqarrab yang memiliki keistimewaan jika dibacakan. Nabi Muhammad SAW diberi kemuliaan oleh Allah SWT untuk memberi syafaat kepada umatnya di hari kiamat nanti. Dimana tidak seorang pun bisa memberi pertolongan, bahkan orangtua kita sekalipun.

Hanya amal perbuatan selama didunia yang kemudian dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT. Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, sejatinya kita banyak bersholawat padanya. Setiap umat Muslim, tentunya mendambakan syafaat Nabi Muhammad. Namun, untuk menggapainya tidaklah mudah, salah satu amalan yang paling dicintai dan pasti sampai kepada Nabi ialah melantunkan sholawat.

Maka sering-seringlah kita membaca sholawat kepada kanjeng nabi bila ingin mendapatkan syafaat yang agung. Salah satunya membacakan sholawat dengan manfaat luar biasa di bawah ini:

Bacaan Sholawat Manzilul Muqarrab

Dan berikut ini teks shalawat al-Manzilal Muqarrab selengkapnya:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَنْزِلْهُ الْمَنْزِلَ الْمُقَرَّبَ مِنْكَ يَوْمَ الْقِيَامَة

Allaahumma Shalli ‘Alaa Sayyidina Muhammadin Wa anzilhul Manzilal Muqarraba Minka Yaumal Qiyaamah.

Artinya: “Ya Alah, bershalawatlah kepada sayyidina Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan tempatkanlah beliau pada kedudukan yang dekat denganMu pada hari kiamat.”

Sholawat ini bermanfaat dan berguna jika kita ingin syafaatnya Rasulullah, baca shalawat yang telah diajarkan oleh Baginda rasulullah SAW. Untuk pengalamannya bisa bermacam-macam. Salah satunya yakni dibaca sebagai doa setiap selesai shalat fardhu sebanyak 1 kali atau pada waktu lain yang mudah untuk diamalkan secara istiqomah.

Keutamaannya pun telah dinyatakan dalam kitab Afdhalush Shalawat ‘Alaa Sayyidis Saadaat karya ulama besar Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani dijelaskan mengenai shalawat ini sebagai berikut:

في شروح الدلائل أخرج الطبراني وأحمد والبزّار وابن أبي عاصم رواية هذه الصلاة عن رويفع بن ثابت الأنصاري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من قال اللهم صلى على محمد وأنزله المنزل المقرب منك وَجَبَتْ له شَفَاعَتِي. قال ابن كثير وإسناده حسن وفي لفظٍ المقعد المقرب عندك وذكر الإمام الشعراني في كشف الغمة هذه الصلاة بلفظ المقعد المقرب عندك يوم القيامة

Artinya: “Di dalam Syarah-syarah kitab ad-Dalail disebutkan bahwa Imam Ath-Thabrani, Imam Ahmad, Imam al-Bazzar dan Ibn Abi Ashim meriwayatkan hadits tentang shalawat ini dari Ruwaifi’ bin Tsabit al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Kanjeng Rasul Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa membaca Allahumma Shalli ‘Alaa Muhammad Wa anzilhul manzilal muqarraba minka” Maka ia wajib mendapatkan syafaat dariku.”

Demikianlah, mengenai bacaan sholawat Manzilul Muqarrab dengan manfaat luar biasa, yakni mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru