Bacaan Doa Awal Bulan Desember Lengkap Arab, Latin dan Arti

Hani Hnsa 0 Komentar

Menyambut awal bulan baru, bacalah doa awal bulan Desember untuk memohon keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT.

INDIFFS.COM – Pergantian waktu merupakan suatu siklus yang terus berulang. Menyambut awal bulan baru, bacalah doa awal bulan Desember untuk memohon keberkahan dan perlindungan.

Sebagai bentuk rasa syukur, setiap datang bulan yang baru, kita harus berdoa kepada Allah. Selain agar diberikan keselamatan di bulan baru ini juga agar Allah mengampuni dosa-dosa yang lalu.

Doa Awal Bulan

Doa menyambut bulan baru merupakan salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT yang telah memberi kesempatan kepada kita hingga bisa menapaki bulan yang baru.

Sejatinya doa ini tidak hanya dikhususkan untuk bulan Desember saja, melainkan awal bulan lain pun boleh membaca doa tersebut. Doa awal bulan juga dapat dibacakan saat memasuki bulan baru pada kalender Hijriah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut bacaan doa memasuki awal bulan:

اللهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ، وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَمِ، وَالتَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ رَبَّنَا وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ

Allahu akbar. Allahummah ahillatu alaina bil amni wal iman, was salamati wal islam, wat taufiqi lima tuhibbu rabbana watardla, rabbana wa rabbukallah.

Artinya: “Allah Maha Besar. Ya Allah, tampakkan hilal (bulan tanggal satu) itu kepada kami dengan membawa keamanan, keimanan, keselamatan, dan Islam, serta taufik untuk menjalankan apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Rabbku dan Rabbmu (wahai hilal) adalah Allah.”

Imam Ibn Muflih Al-Maqdisi dalam buku “Al Adab Asy Syar’iyyah” menyebutkan dengan detail doa pergantian bulan dalam redaksi bahasa yang lain.

الله اكبر الله اكبر الله اكبر الحمد لله الذي ذهب بشهر كذا وجاء بشهر كذا

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Alhamdulillahil ladzii dzahaba bi syahri kadzaa wa jaa-a bi syahri kadzaa.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan bulan ini (sebutkan nama bulannya) dan telah mendatangkan bulan ini (sebutkan nama bulan yang baru).”

Demikian bacaan doa pergantian bulan yang bisa kamu amalkan. Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru