Bacaan Doa Ketika Banjir, Agar Senantiasa Dilindungi Oleh-Nya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Terdapat beberapa doa yang dapat dipanjatkan saat terdampak musibah banjir untuk meminta pertolongan dan perlindungan Allah SWT.

INDIFFS.COM – Ada banyak hal yang menjadi penyebab datangnya banjir, baik faktor alam maupun dari manusia. Selain karena curah hujan yang tinggi, kerusakan lingkungan yang manusia lakukan juga bisa menjadi penyebabnya. Meski begitu, ada baiknya kita sebagai umat muslim untuk memanjatkan doa saat banjir agar diberikan keselamatan oleh Allah SWT.

Doa Saat Banjir

Ada beberapa doa yang dapat kita panjatkan saat mendengar musibah banjir atau sedang terdampak banjir, yaitu berikut ini:

1. Doa Saat Hujan Deras Dikhawatirkan Banjir

Jika yang terjadi adalah hujan yang begitu deras di tempat kita atau hujan yang tidak kunjung berhenti, maka kita bisa meminta pada Allah untuk memalingkan hujan tersebut pada tempat yang lebih manfaat dengan mengamalkan doa yang diajarkan oleh Nabi SAW.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa. Allaahumma ‘alal aakaami wal jibaali, waz zhiraabi, wa buthuunil awdiyati, wa manaabitis syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

2. Doa Saat Terkena Musibah Banjir

Doa ini berasal dari potongan hadits yang diriwayatkan Muslim dalam kitab Hisn Al-Muslim. Berikut ini bacaan doanya:

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’un. Allaahumma ajirnii fii mushiibatii wa akhlif lii khairan minhaa

Artinya: “Kami berasal dari Allah SWT dan kepada-Nya lah kita kembali. Ya Allah, limpahkanlah pahala dalam musibah yang terjadi padaku dan berikanlah ganti yang lebih baik daripada sebelumnya.”

3. Doa Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS memanjatkan doa kepada Allah SWT ketika seluruh dunia terkena banjir. Doa ini sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Quran surat Hud ayat 44. Berikut ini bacaannya:

وَقِيْلَ يٰٓاَرْضُ ابْلَعِيْ مَاۤءَكِ وَيٰسَمَاۤءُ اَقْلِعِيْ وَغِيْضَ الْمَاۤءُ وَقُضِيَ الْاَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُوْدِيِّ وَقِيْلَ بُعْدًا لِّلْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ

Wa qila ya arubla’i ma’aki wa ya samaau aqli’i wa gidal-maaau wa qudhiyal-amru wastawat ‘alal-jdiyyi wa qila bu’dal lil-qaumi-zalimin.

Artinya: “Wahai bumi! Telanlah airmu dan wahai langit (hujan!) berhentilah.’ Dan air pun disurutkan, dan perintah pun diselesaikan dan kapal itupun berlabuh di atas gunung Judi, dan dikatakan, ‘Binasalah orang-orang zalim.”

4. Doa Terhindar dari Bencana dan Musibah

Berikut ini bacaan agar terhindar dari segala bencana dan musibah:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma inni a’udzu bika min zawali ni’matika, wa tahawwuli afiyatika, wa fuja’ati niqmatika, wa jami’i sakhathika

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu. (HR. Muslim).

Demikian bacaan doa saat banjir yang dapat kita amalkan untuk meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru