Bacaan Doa Ketika Gempa Bumi dan Tips Menyelamatkan Diri

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Doa ketika gempa bumi ini dibaca agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari-Nya. Serta melakukan cara terbaik untuk menyelamatkan diri.

INDIFFS.COM – Gempa bumi bukanlah bencana alam biasa, namun ini terjadi karena ketetapan Allah SWT sebagai tanda peringatan agar manusia kembali kepada agama-Nya dan menjauhi maksiat. Dalam Al Quran, fenomena ini juga disebutkan karena ulah manusia dan sebagai adzab seperti umat terdahulu yang membangkang perintah-perintah Allah. Untuk itu dengan adanya bencana Alam ini membuat umat Muslim perlu memohon perlindungan terus kepada Allah SWT salah satunya dengan memanjatkan doa ketika Gempa Bumi.

Adapun maksud dari membaca doa ini, bukan berarti menganjurkan kepada masyarakat untuk membaca doa ini pada saat itu juga. Akan tetapi, doa gempa bumi ini dibaca sewaktu-waktu ketika terjadi bencana gempa bumi atau lainnya yang membahayakan keselamatan jiwa.

Doa Ketika Gempa Bumi

Berikut bacaan doa ketika gempa bumi yang bisa dibaca:

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ

Allahumma inni asaluka khairaha wa khaira ma fiha, wa khaira ma arsalta bihi, wa a’udzubika min syarriha, wa syarri ma fiha wa syarri ma arsalta bihi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Selain doa yang harus dibacakan saat terjadi gempa, sebaiknya kita juga melakukan ikhtiar sebagai perlindungan diri agar bisa menyelamatkan diri dari gempa bumi.

Di Dalam Ruangan

Adapun ikhtiar untuk menyelamatkan diri dari gempa bumi ketika kamu sedang berada di dalam ruangan ialah sebagai berikut:

  • Menjauh Dari Kaca Atau Objek Besar Lainnya

Pada saat beberapa detik pertama setelah guncangan terjadi, cobalah menjauh secepat mungkin dari barang atau benda yang dapat terjatuh atau melukai diri kamu. Menunduk atau merangkak dan menjauhi dari objek berbahaya seperti jendela, lemari, televisi, dan rak buku. Karena jika benda tersebut terjatuh mungkin ini akan mengenai objek yang berada disekitar nya, termasuk kamu jika berada di dekatnya.

  • Berlindung di Bawah Meja

Selanjutnya jika guncangan gempa bumi terjadi, dan kemungkinan kecil untuk bisa keluar dari ruangan, sebaiknya cara yang aman dalam mengatasi hal ini ialah berlindung di bawah/kolong meja. Karena jika suatu hal yang tidak di inginkan terjadi, kamu terlindungi oleh meja, dan pastikan selalu membaca doa kepada-Nya.

  • Melindungi Kepala dan Leher dari Benda atau Reruntuhan

Jika gempa bumi sedang terjadi, sebaiknya lindungi anggota tubuh yang sensitif terkena reruntuhan seperti kepala. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan bantal sebagai pelindung kepala kamu.

  • Berada di Tempat Aman Hingga Guncangan Berhenti

Jika guncangan sedang terjadi, pastikan kamu sedang berada di tempat yang aman. Dan jangan sesekali kamu meninggal kan tempat yang aman untuk melindungi gempa.

Di Luar Ruangan

Adapun ikhtiar untuk menyelamatkan diri dari gempa bumi ketika kamu sedang berada di luar ruangan ialah sebagai berikut:

  • Menjauh dari Bangunan Tinggi, Tiang Listrik, dan Jembatan

Objek bangunan yang tinggi ini sangat rawan jika terjadi gempa bumi, maka dari itu cara menyelamatkan diri yang tepat ialah dengan menjauhi objek atau bangunan yang tinggi di sekitar kita.

  • Berjongkok dan Lindungi Kepala Hingga Guncangan Berhenti

Lakukan hal ini hingga guncangan gempa tersebut berhenti, dan lindungi kepala kamu agar tidak ada reruntuhan kecil yang menimpa kamu.

  • Berhati-Hati dan Mengamati Lingkungan

Amati lingkungan sekitar kamu, karena jika kamu berada di dekat pohon yang besar kamu perlu berhati hati, di khawatirkan tumbang dan mengenai tubuh kamu.

  • Pergi ke Tempat Tinggi

Jika guncangan gempa terjadi selama lebih dari 20 detik, jangan menunggu alarm atau peringatan untuk menyelamatkan diri. Pergilah ke tempat yang tinggi, karena bisa jadi gempa bumi akan mengakibatkan banjir atau bahkan tsunami.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan pada saat terjadi gempa bumi, dan senantiasa memohon perlindungan kepada Allah dengan membacakan doa tersebut.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru