Bacaan Doa Ketika Kehilangan Barang Agar Bisa Ketemu Kembali

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Baca doa berikut ketika kamu kehilangan barang, dengan memanjatkan doa ini dibarengi ikhtiar, barang yang hilang bisa ditemukan kembali.

INDIFFS.COM – Doa ini sebaiknya dibaca pada saat kamu mengalami kehilangan barang. Dengan membaca doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah Subahnahu Wa Ta’ala agar barang yang hilang segera di temukan.

Memang peristiwa kehilangan barang kerap dialami oleh sebagian orang pada umumnya. Tentunya momen kehilangan barang ini seringkali membuat seseorang kebingungan. Terlebih jika barang yang hilang adalah barang penting dan berharga. Dalam situasi itu tentunya kita harus mencari dan mengingat lokasi terakhir kali kamu menggunakan barang tersebut.

Meskipun sudah berusaha mencarinya, tetap saja barang tersebut tidak ketemu. Sampai-sampai kita merasa kelelahan mencarinya, karena barang itu belum juga kita temukan. Namun, ada hal lain yang bisa kamu lakukan agar upaya kamu menemukan barang yang hilang jadi lebih afdal yakni dengan memanjatkan doa.

Doa Kehilangan Barang

Cobalah bacakan dan amalkan doa-doa berikut untuk bisa menemukan barang yang hilang agar cepat ketemu:

Doa Pertama

Adapun lafal doa pertama yang bisa kamu bacakan ialah:

اَللّٰهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ، اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allahumma ya jaami’an naasi liyaumin laa raiba fiih, ijma’ bainii wa baina dlallatii fii khairin wa ‘aafiyah

Artinya: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah,”

Doa Kedua

Adapun bacaan doa kedua ialah sebagai berikut:

Doa Kedua

Doa Kehilangan Barang – Dream.co.id

Allahumma huwa maluka wa rizquka wa ana ‘abduka khowwaltani hina razaqtanii. Allahumma fa alhimni syukraka fihi wash shabra ‘alaihi hina ashobta wa akhodzta. Allahumma anta a’thoita wa anta ashobta. Allahumma la tuhrimni tsawabahu wa la tunsini min kholfihi fi dunyaya wal akhirati innaka ‘ala kulli syai-in qodir. Allahumma ana laka wa bika wa ilaika wa minka la amliku linafsi dhorran wa la naf’an

Artinya: “Ya Allah, ia adalah harta dan rezeki-Mu, dan aku adalah hamba-Mu, Engkau mempercayaiku ketika Engkau memberi aku rezeki. Ya Allah, beri aku ilham untuk bersyukur pada-Mu dengannya, dan beri aku kesabaran atasnya ketika Engkau mencabut dan mengambilnya. Ya Allah, Engkau memberi dan Engkau mencabut. Ya Allah, jangan Engkau halangi aku untuk mendapatkan pahalanya dan jangan Engkau lupakan aku setelahnya di duniaku dan akhiratku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku milik-Mu, bersama-Mu, menuju kepada-Mu, dan berasal dari-Mu, aku tidak memiliki diriku sendiri untuk mendatangkan bahaya maupun manfaat.”

Doa Ketiga

Berikut lafal bacaan doa ketiga yang bisa kamu amalkan:

 اللَّهمَّ رادَّ الضَّالَّةِ هاديَ الضَّلالَةِ تَهدي منَ الضَّلالةِ ردَّ عليَّ ضالَّتي بعزَّتِكَِ وسلطانِكَِ فإنَّها من فضلِكَِ وعطائِكِ

Allahumma Raaddaldhollati Haadiyadholaalati Tahdii Minaddholaalati Radda Alayya Dhollatii Bi’zzatika Wasalathonika Fainnahaa Min Fadhlika wa A’thoik

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang mengembalikan barang yang hilang dan zat yang melimpahkan hidayah sehingga selamat dari kesesatan, Engkaulah yang memberikan hidayah agar terbebas dari kesesatan, kembalikanlah barangku yang hilang dengan kuasa dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang tersebut adalah bagian dari anugerah dan pemberian-Mu’.”

Adapun bacaan doa tersebut sebagai bagaimana tertuang dalam riwayat hadist berikut,

سُئِلَ ابنُ عمرَ عنِ الضَّالَّةِ فقالَ يتوضَّأُ ويصلِّي ركعتينِ ثمَّ يتشهَّدُ ثمَّ يقولُ اللَّهمَّ رادَّ الضَّالَّةِ هاديَ الضَّلالَةِ تَهدي منَ الضَّلالةِ ردَّ عليَّ ضالَّتي بعزَّتِكَِ وسلطانِكَِ فإنَّها من فضلِكَِ وعطائِكِ

“Ibnu Umar ditanyai mengenai barang yang hilang. Jawaban beliau, ‘Hendaknya orang yang kehilangan barang tersebut berwudhu lantas shalat dua rakaat setelah salam mengucapkan syahadat kemudian berdoa, yang artinya, “Ya Allah, Dzat yang mengembalikan barang yang hilang dan zat yang melimpahkan hidayah sehingga selamat dari kesesatan, Engkaulah yang memberikan hidayah agar terbebas dari kesesatan, kembalikanlah barangku yang hilang dengan kuasa dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang tersebut adalah bagian dari anugerah dan pemberian-Mu’.”

Demikian lafal doa yang bisa kamu bacakan pada saat kehilangan barang. Semoga dengan membacakan doa tersebut, barang yang hilang bisa ditemukan kembali. Tetap tenang dan senantiasa bertawakal kepada Allah Subahnahu Wata’ala.

Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru