Bacaan Doa Ketika Telinga Berdenging: Teks Arab, Latin & Artinya

Admin 0 Komentar

Telinga Berdenging memiliki arti bahwa Rasulullah SAW sedang merindukan umatnya. Maka dianjurkan jawab dengan doa telinga berdenging berikut!

INDIFFS.COM – Suara denging sering muncul tanpa sebab yang pasti. Dalam Islam, telinga berdenging memiliki arti bahwa Rasulullah SAW sedang memanggil orang tersebut. Maka sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk mengetahui doa ketika telinga berdenging.

Disebutkan, suara nging dalam telinga menunjukkan bahwa Rasulullah saw sedang menyebut orang tersebut dalam perkumpulan yang tertinggi agar ia ingat kepada beliau dan berselawat kepadanya. Allahu a’lam. Tetapi kita tidak boleh berburuk sangka.

Sedangkan arti telinga berdenging sebelah kanan dalam Islam adalah pertanda bahwa Allah SWT tengah memberi peringatan pada para umat-Nya untuk melaksanakan ibadah yakni salat dan membaca shalawat. Tak hanya telinga kanan saja, telinga kiri pun juga berarti demikian, memiliki arti bahwa Rasulullah SAW merindukan umatnya.

Disebutkan dalam Hadits Rasulullah SAW tentang anjuran berdoa ketika telinga berdenging:

ุฅูุฐูŽุง ุทูŽู†ู‘ูŽุชู’ ุฃูุฐูู†ู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ููŽู„ู’ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู’ู†ููŠ ูˆูŽู„ู’ูŠูุตูŽู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ุŒ ูˆูŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ : ุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽู†ู’ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู†ููŠ ุจูุฎูŽูŠู’ุฑู

Idzaa thonnat udzunu uhadikum falyadzkurnii Walyusholli ‘alayya,Walyaqul : Dzakarallahu man dzakaronii bikhoiri.

Artinya: “Apabila telinga kalian berdenging, hendaklah dia mengingatku dan membaca shalawat untukku, dan hendaknya dia mengucapkan. “Semoga Allah mengingat orang yang meningatkan dengan mendoakan kebaikan”.”

Doa Telinga Berdenging

Oleh karena itu, saat telinga berdenging maka kita disunnahkan untuk menjawabnya dengan doa.ย  Berikut bacaannya:

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽูŠู‘ูุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุณูŽูŠู‘ูุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ู ุงู„ู„ู‡ู ู…ูŽู†ู’ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู†ููŠู’ ุจูุฎูŽูŠู’ุฑู

Allahumma shalli ‘alaa sayyidina muhammadin wa ‘alaa ali sayyidinaa muhammadin, dzakarahullaahu man dzakarani bikhairin.

Artinya: “Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina muhammad. Semoga Allah menyebut dengan rahmat orang yang menyebutku dengan kebaikan.” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-โ€˜Aidrus, Jakarta).

Keutamaan dari doa saat telinga berdengung menurut agama Islam adalah memohon keselamatan, kesejahteraan dan sholawat kepada Nabi serta keluarga, termasuk cucu dan seluruh keturunannya.

Fadilah lain dari doa tersebut yakni memohon kepada Allah SWT agar diberi rahmat kepada orang yang menyebutkan nama kita tau membisikkan nama kita dari kejauhan.

Demikianlah bacaan doa mengenai arti doa ketika telinga berdenging atau berdengung tiba-tiba dalam islam. Semoga bisa jadi manfaat bagi kita semua. Aamiin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru