Bacaan Doa Memohon Keadilan Atas Persoalan Hidup yang Terjadi

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Baca doa memohon keadilan ini pada saat kehidupan kamu sedang mengalami ketidakadilan dalam menjalani kehidupan serta meminta petunjuk-Nya

INDIFFS.COM – Doa menjadi suatu permohonan seorang hamba kepada Tuhan nya ketika menginginkan sesuatu, termasuk keinginan mendapatkan keadilan yang setara dalam hidupnya. Meskipun terdengar remeh, namun memanjatkan doa untuk memohon keadilan, sangat berharga bagi seseorang yang merasa terdzholimi.

Dimana terkadang kita merasa tidak adil atas sesuatu hal yang kita hadapi, misalnya perselisihan di tempat kerja. Kita akan merasa atasan tidak adil dalam menyelesaikan masalah dan juga berat sebelah.

Ya, begitu juga ketika kita mengalami berbagai masalah lain baik di dalam rumah maupun di luar rumah yang membutuhkan keadilan. Dengan itu, kita sebagai umat muslim sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa memohon petunjuk atas segala sesuatu yang telah terjadi.

Doa Memohon Keadilan

Allah Subhanahu Wata’ala akan menghadirkan keadilan bagi setiap hambanya yang memintanya dengan cara terbaik nya, serta yakin lah jika Allah Maha Mendengar dan akan mengabulkan setiap doamu.

Doa Memohon Keadilan

Doa yang pertama ini bisa dibaca pada saat meminta keadilan untuk diri kita atas apa yang tengah kita hadapi. Adapun doa nya terdapat pada Qur’an Surat Al A’raf  ayat 82,

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ

Rabbanaftaḥ bainana wa baina qaumina bil haqqi wa anta khairul fatihin

Artinya: “Ya Tuhan, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil). Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.”

Doa Meminta Pemimpin yang Adil dan Amanah

Berikut doa yang bisa dipanjatkan dan senjata agar menjadikan pemimpin kita yang adil, tanggung jawab dan amanah terhadap tugasnya.

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

Allahumma ashlih wulaa ta umuurinaa, Allahumma waffiq hum limaa fiihi shalaa huhum wa shalaa hul islaami walmuslimiina, Allahumma a’inhum ‘alalqiyaami bimahaa mihim ka maa amartahum yaa rabbal’aalamiin, Allahumma ab’id ‘anhum bithoonatassuu i wal mufsidiina wa qarrib ilayhim ahlalkhayri wannaashihiina yaa rabbal’aalamiina, Allahumma ashlih wu laata umuuril muslimiina fii kulli makaanin

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

Doa Agar di Anugrahi Pemimpin yang Adil

Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar diberikan pemimpin adil, terutama dalam mengatur bawahan dan rakyatnya.

Doa Pertama

Adapun lafal bacaan doa yang pertama ialah sebagai berikut,

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

Allahumma inni a’udzubika min imratisshibyan was sufaha’

Artinya: “Ya Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”

Doa Kedua

Adapun berikut lafal bacaan doa yang kedua:

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا

Allahumma laa tusallith ‘alainaa bidzunubinaa man laa yakhafuka fiinaa wa laa yarhamunaa

Artinya: “Ya Allah dikarenakan dosa-dosa kami janganlah Engkau kuasakan (beri pemimpin) orang-orang yang tidak takut kepada-Mu atas kami dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.”

Doa Meminta Pertolongan Allah Agar Diberi Keadilan

Doa ini terdapat pada Qur’an surat At Taubah ayat 129,

حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Hasbiyallahu la ilaha illa huw, ‘alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul ‘arsyil ‘adzim

Artinya: “Cukuplah Allah bagiku, tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.”

Itulah beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar diberikan petunjuk atas segala yang terjadi, dan ingat bahwa Allah Maha Adil. Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru