Bacaan Doa Nabi Muhammad SAW Ketika Isra Mi’raj, Amalkan!

Hani Hnsa 0 Komentar

Mengingat begitu istimewanya Isra Miraj, umat Muslim dianjurkan untuk meneladaninya dengan cara membaca doa Isra Mi'raj.

INDIFFS.COM – Peringatan Isra Miraj 2022 jatuh pada tanggal 27 Rajab atau 28 Februari 2022 mendatang. Bagi umat muslim, Isra Miraj merupakan peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. Ternyata ada doa Isra Mi’raj yang bisa kita panjatkan pada saat perayaan hari istimewa itu.

Isra Miraj merupakan peristiwa perjalanan satu malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram, Makkah menuju Masjidil Aqsa, Yerusalem dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha atau langit ketujuh.

Perjalanan Nabi menuju tepat-tepat suci tersebut terjadi hanya dalam satu malam. Dalam perjalanannnya Beliau ditemani oleh malaikat Jibril dengan menunggangi Buroq. Rasulullah bertemu dengan Nabi Adam, Isa,Yahya, Idris, Yusuf, Musa, dan Nabi Ibrahim.

Meskipun terjadi pada hari dan malam yang sama, namun Isra Miraj memiliki arti yang berbeda. Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil al-Haram di Mekkah menuju ke Masjidil al-Aqsha. Sedangkan Miraj adalah perjalanan Nabi dari Masjid al-Aqsha menuju ke Sidratul Muntaha.

Dalam perjalanan itu, untuk pertama kali Allah SWT memerintahkan ibadah sholat yang awalnya sebanyak 50 kali sehari. Namun, jumlahnya akhirnya dikurangi menjadi lima kali sehari. Peristiwa Isra Miraj juga dijelaskan dalam surat Al-Isra ayat 1:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sungguh Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Mengingat begitu istimewanya Isra Miraj, umat Muslim dianjurkan untuk meneladaninya. Bisa dengan cara memperbanyak amalan yang mendatangkan kebaikan seperti berdoa.

Doa Isra Mi’raj

Melansir dari berbagai sumber, berikut bacaan doa Isra Mi’raj yang bisa kamu amalkan:

اللهُمَّ اِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ، حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ، أَنِ ارْحَمْ قَلْبِي الْحَزِيْنَ، وَتُجِيْبَ دَعْوَتِي يَا أَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ

Allahuma inni as-aluka bi musyahadati israari al-muhibbin, wabilhalawatillati khash-shashasta biha sayyidil mursalin, hina asrarta bihi lailata as-sab’I wal ‘isyriina,anirham qalbiia al-haziin,tujibta da’wati,yaa-akramil akramiin

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemuliaan khalwat (pertemuan tersembunyi). Yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab. Berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayang-Mu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan.”

Ulama kharismatik bernama Al Arif Billah Sayyidi Imam Muhammad Bin Abdul Wahid An Nazhifiy (1270 H-1366 H) mengatakan:

Siapa saja yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, akan Allah Taala ijabah segala doanya. Diangkat kedudukannya dan dihidupkan hatinya dengan aneka kebaikan“.

Demikian informasi terkait bacaan doa Isra Mi’raj yang bisa kamu amalkan, semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru