Bacaan Doa Nurbuat: Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Dengan membaca Doa Nurbuat ini, hanya bertujuan mengharapkan hanya kepada Allah Swt dan untuk kebaikan di dunia dan juga di akhirat.

IndiffsDoa Nurbuat adalah rangkaian doa berisi harapan seorang muslim yang dipanjatkan pada Allah SWT. Bacaan Doa Nurbuat kerap dianggap sebagai salah satu yang paling baik untuk mewujudkan hajat. Tak hanya itu, doa nurbuat ini sering diamalkan para ulama karena memiliki banyak faedahnya. 

Doa Nurbuat

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ الْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْن وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنٌ وَمَاهُوَ اِلاَّذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ وَمُسْتَجَابُ اْلقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُوالْعَرْشِ الْمَجِيْدِ طَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدِيْ وَاقْضِ حَاجَتِيْ وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ وَحَبِّبْنِيْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ  

Allaahumma dzissultaanil ‘adziimi wa dzilmannil qadiimi wa dzilwajhilkariimi wa waliyyilkalimaatit taammati wadda’awaatil mustajaabaati ‘aaqilil hasani wal-husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudrati wan-naadziriina wa ‘ainil jinni wal insi wasy-syayaatiin.

Wa iy yakaadulladziina kafaruu layuzliquunaka bi absaarihim lammaa samii’udz dzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnuunuw wa maa huwa illaa dzikrul lil‘aalamiin, wa mustajaabil qur’aanil ‘aziim, wa waritsa sulaimaanu daawuuda ‘alaihimas salaam, al wuduudu dzul ‘arsyil majiid.

Tawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdii haajatii wa aktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii lin naasi ajma ‘iina wa tabaa ‘adil ‘adaawata kullahaa mim banii aadama ‘alaihissalaamu man kaana hayyaw wa yahiqqal qaulu ‘alal kaafiriina innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir

Artinya: “Ya Allah yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan zat yang Maha Mulia, yang menguasai banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin dan manusia.

Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka, ketika mendengar Al Quran dan mereka pun berkata, “Sesungguhnya Muhammad adalah orang yang gila. Al Quran hanyalah peringatan untuk setiap umat.

Wahai Dia yang memperkenankan melalui Al Quran yang sangat agung. Sulaiman dan Daud dan Dia yang Maha Pengasih, sebagai Pemilik Arsy yang Mulia. Panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyaklah harta dan anakku, jadikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak Adam yang masih hidup. Pastikan ketetapan atau azab untuk orang-orang yang kafir. Karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu”.

Keutamaan Doa Nurbuat

Berikut beberapa keutamaan membaca doa Nurbuat, apabila dibaca secara rutin:

  • Mengingatkan diri pada Allah Maha Agung.
  • Membantu kita bermimpi bertemu para nabi dan rasul.
  • Hajat dapat terkabul saat dibaca sesudah sholat fardhu secara rutin.
  • Dapat menyembuhkan hewan yang cacat saat dibaca pada hewan tersebut.
  • Dapat disayangi musuh ketika dibaca hendak keluar rumah.
  • Bisa mendapatkan perlindungan Allah dari jin, sihir, dan bahaya lainnya.
  • Dapat menyelamatkan serangan hama jika ditulis diletakkan pada tanaman.
  • Dapat mengusir jin dari tempat-tempat angker jika ditulis dan diletakkan di rumah tersebut.
    Dapat kesejahteraan dunia akhirat jika dibaca setiap hari secara rutin.
  • Dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit jika dibaca pada minyak kelapa lalu dioleskan pada bagian yang sakit.
  • Dapat memudahkan kelahiran jika dibacakan pada segelas air lalu diminum pada ibu yang hendak melahirkan.
  • Dapat menyembuhkan sakit mata jika dibaca lalu ditiupkan pad mata yang sakit.
  • Dapat menghilangkan permusuhan jika dibaca sebanyak-banyaknya.

Adapun doa tersebut berdasarkan hadist, dimana saat malaikat Jibril mengajarkan Nabi doa ketika mata cucunya sakit. Doa itulah yang ikut berperan mengobati mata Hasan dan Husain.

Berikut hadits yang dimaksud dari Ibnu Asakir dalam Tafsir Ibnu Kathir

عن علي - رضي الله عنه - : ( أن جبريل أتى النبي صلى الله عليه وسلم فوافقه مغتماً فقال : يا محمد ، ما هذا الغم الذي أراه في وجهك ؟ قال " الحسن والحسين أصابتهما عين " قال : صدِّق بالعين ، فإن العين حق ، أفلا عوذتهما بهؤلاء الكلمات ؟ قال : " وما هن يا جبريل " قال : قل اللهم ذا السلطان العظيم ، ذا المن القديم ، ذا الوجه الكريم ، ولي الكلمات التامات ، والدعوات المستجابات ، عافِ الحسن والحسين من أنفس الجن وأعين الإنس
فقالها النبي صلى الله عليه وسلم فقاما يلعبان بين يديه ، فقال النبي صلى الله عليه وسلم : " عوّذوا أنفسكم ونساءكم وأولادكم بهذا التعويذ ، فإنه لم يتعوذ المتعوذون بمثله

Artinya: Dari Ali bin Abi Thalib bahwa malaikat Jibril datang pada Nabi yang sedang tampak sedih. Jibril bertanya: Wahai Muhammad, kenapa wajahmu tampak sedih? Nabi menjawab: Hasan dan Husain sedang sakit mata. Jibril berkata: sembuhkan matanya karena mata punya hak. Apakah kamu tidak mendoakan keduanya dengan kalimat-kalimat itu? Nabi bertanya: Kalimat apa? Jibril menjawab: Katakan 

 "اللهم ذا السلطان العظيم ذا المن القديم ، ذا الوجه الكريم ، ولي الكلمات التامات ، والدعوات المستجابات ، عافِ الحسن والحسين من أنفس الجن وأعين الإنس " 

Kemudian Nabi mengucapkan doa tersebut maka Hasan dan Husain langsung dapat berdiri dan bermain di sekitar Nabi. Nabi bersabda: mintalah perlindungan untuk dirimu, istrimu dan anak-anakmu dengan doa ini.

Namun, doa Nurbuat ini masih diperdebatkan asal usul hadistnya dan sebagian ulama mengungkapkan bahwa doa Nurbuat ini berasal dari hadis tidak shahih. Sebab, isi doa Nurbuat ini adalah mengenai permohonan panjang usia dan kekayaan harta yang berlimpah. Padahal, Nabi Muhammad saw. tidak pernah mengajarkan untuk meminta usia yang panjang dan harta berlimpah ruah. Justru, Nabi Muhammad Saw. mengajarkan kepada umatnya agar hidup berkecukupan dan memohon kepada Allah Swt. agar diberikan usia dan harta yang berkah.

Meski begitu, doa Nurbuat ini dapat diamalkan jika memang tujuannya mengharapkan hanya kepada Allah Swt atas hajat diri sendiri. Dan dengan syarat, bahwa doa tersebut bertujuan hanya untuk kebaikan di dunia dan juga di akhirat.

Demikianlah bacaan doa Nurbuat arab, latin, serta keutamaannya yang wajib diketahui.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru