Bacaan Doa Sapu Jagat, Keutamaan dan Waktu Mengamalkannya

Resa Azzahra 0 Komentar

Doa sapu jagat adalah doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, Doa ini juga memiliki keutamaan yang dahsyat, berikut doa sapu jagat

INDIFFS.COM – Doa sapu jagat adalah doa untuk memohon kebaikan dunia dan akhirat. Keutamaan doa sapu jagat ini sangat penting atau perlu untuk diketahui. Pasalnya, doa ini banyak manfaat dan keutamaan yang sangat sayang jika dilewatkan.

Doa merupakan permohonan atau permintaan dengan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Setiap muslim sangat di anjurkan untuk selalu berzikir dan berdoa agar hatinya terus mengingat Allah SWT. Disebut doa sapu jagat karena di dalamnya mengandung permohonan kebaikan di dunia serta akhirat. kebaikan ini yakni adalah kesehatan, kebaikan dunia dan akhirat.

Bacaan Doa Sapu Jagat

Berikut doa sapu jagat yang bisa kamu amalkan untuk mendapatkan keberkahan serta keutamaan nya:

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ROBBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR

Artinya, “Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, dan berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa api neraka. (QS. Al-Baqarah: 201).

Keutamaan

Setelah mengamalkan bacaan doa sapu jagat, berikut beberapa keutamaan yang dapat diperoleh:

1. Memohon kebaikan dunia dan akhirat

Hal yang dimaksud dengan memohon kebaikan di dunia yakni mencakup kenikmatan, kesehatan, rumah yang lapang, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat dan kendaraan yang menyenangkan serta pujian kebaikan. Kebaikan akhirat yang diminta dalam doa ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kebaikan dunia, yakni yang dimaksud adalah menjadi penghuni surga, dibebaskan dari rasa khawatir dan diberikan kemudahan dalam hisab di akhirat kelak.

2. Doa Anjuran Rasulullah SAW

Doa sapu jagat adalah salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk dibacakan dan diamalkan. Karena doa ini memiliki banyak manfaat, hal ini juga sudah dijelaskan pada hadits yang diriwayatkan oleh Anas Bin Malik yang berbunyi:

Anas bin Malik berkata,

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ean ‘anas qal kan ‘akthar duea’ alnnabi salla alllah ealayh wasallam ‘Allaahumma aatinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar’

Artinya: “Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi SAW, yaitu ‘Allaahumma aatinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar’.” (HR Muttafaq Alaih)

3. Memohon Perlindungan dari Api Neraka

Dengan melalui doa ini, kita memanjatkan permohonan dan perlindungan. Sekaligus memohon ampunan kepada Allah atas segala kesalahan dan kekhilafan selama hidup didunia ini. Doa sapu jagat tetap harus diiringi dengan perbuatan yang mendatang kan pahala, dengan kata lain berbuat kebaikan.

4. Diberikan Kesehatan Lahir dan Batin

Keutamaan doa yang sering dibacakan oleh Nabi kita Muhammad SAW, doa ini juga dapat bermanfaat untuk mendapatkan kesehatan lahir serta batin. Kesehatan fisik yang memang penting bagi semua orang, akan tetapi kesehatan batin juga tak kalah penting.

Waktu Terbaik Membaca

Waktu yang baik saat membaca doa ini ialah setelah shalat, baik itu usai shalat fardhu maupun sunah. Selain itu, waktu terbaik membaca doa ini adalah pada sepertiga malam. Seperti yang dijelaskan dalam HR.Bukhari, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Yatanazal rabuna tabarak wataealaa kula laylat ‘iilaa alsama’ aldunya hin yabqaa thuluth allayl alakhir yaqul man yadeunia fa’astajib lah , man yas’alunia fa’uetiah , waman yastaghfirunia fa’aghfir lah

Artinya: “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari no. 6321 dan Muslim no. 758).

Doa ini juga disarankan untuk dibaca setiap selesai memanjatkan doa apapun, lalu ditutup dengan membaca doa sapu jagat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru