Bacaan Doa Sesudah Buka Puasa Sesuai Sunnah, Arab & Latin

Admin 0 Komentar

Membaca doa berbuka puasa sebaiknya dilakukan setelah selesai berbuka. berikutbacaan doa Sesudah Buka puasa lengkap, arab latin & Artinya

INDIFFS.COM – Tak hanya doa berbuka puasa yang perlu kita bacakan ketika hendak membatalkan puasa. Ada juga doa setelah buka puasa yang dianjurkan untuk dibacakan. Hal ini agar sesuatu yang kita kerjakan dapat membawa banyak berkah. Salah satu kegiatan yang diawali dan diakhiri dengan berdoa yakni saat berbuka puasa.

Puasa adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari hawa nafsu, baik minum, makan dan perbuatan buruk yang dapat membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenam nya matahari.

Bacaan Doa Sesudah Buka Puasa

Puasa diawali dengan makan sahur sejak terbitnya fajar dan diakhiri ketika matahari terbenam dengan tanda azan maghrib berkumandang. Saat adzan berkumandang, seorang muslim diwajibkan untuk berbuka puasa.

Membaca doa berbuka puasa sebaiknya dilakukan setelah selesai berbuka, hal ini karena agar kita dapat memperoleh kesunnahan yang sempurna dalam membaca doa. Dilansir dari NU online, berikut ini bacaan doa setelah berbuka puasa:

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ู„ูŽูƒูŽ ุตูู…ู’ุชูุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุฒู’ู‚ููƒูŽ ุฃูŽูู’ุทูŽุฑู’ุชู.ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ุธู‘ูŽู…ูŽุฃู ูˆูŽุงุจู’ุชูŽู„ู‘ูŽุชู ุงู„ู’ุนูุฑููˆู‚ูุŒ ูˆูŽุซูŽุจูŽุชูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุฌู’ุฑู ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu. Dzahabaz Zhama’u Wabtallatil ‘Uruqu wa Tsabatal Ajru Insyaallah.

Artinya : “Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah, serta pahala telah tetap, insya Allah.” (H.R. Abu Dawud: 2357 – 2358)

Sedangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Sahabat Abdullah bin โ€˜Umar, Rasulullah melafazkan doa sebagaimana berikut saat selesai berbuka puasa.

ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽูู’ุทูŽุฑูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงู„ุธู‘ูŽู…ูŽุฃู ูˆูŽุงุจู’ุชูŽู„ู‘ูŽุชู ุงู„ู’ุนูุฑููˆู‚ูุŒ ูˆูŽุซูŽุจูŽุชูŽ ุงู„ุฃูŽุฌู’ุฑู ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู

Kaana rosulullahi sholallahu alaihi wasalam, idzaa aftoroqoola: Dzahaba-dz Dzoma’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah

Artinya: “Rasulullah ketika berbuka, Beliau berdoa: โ€˜Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, insyaallah.” (HR. Abu Daud)

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan doa setelah berbuka puasa. Semoga amal ibadah puasa kita diberi kelancaran dan diterima Allah subhanahu wata’ala. Amin yaa rabbal ‘aalamin. Wallahu a’lam.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru