Bacaan Doa Setelah Ijab Qobul Yang Dibacakan Pengantin Pria

Admin 0 Komentar

Bacaan doa setelah ijab qobul ini dapat memperkuat niat dan keteguhan serta memohon kebaikan. Untuk itu simak selengkapnya berikut ini!

INDIFFS.COM -Bacaan doa setelah ijab qobul ini dapat memperkuat niat dan keteguhan serta memohon kebaikan. Dalam pernikahan terdapat ikatan atau kesepakatan janji yang dilaksanakan oleh dua orang untuk meresmikan hubungan perkawinan.

Selain menjalani sunah Rasul, ada beberapa keistimewaan menikah diantaranya ialah akan mendapatkan keberkahan. Akad nikah merupakan momen sakral untuk menuju kehidupan yang selanjutnya, Dalam QS. Az-Zariyat ayat 49 juga disebutkan bahwa segala sesuatu di ciptakan oleh Allah berpasang pasangan untuk saling melengkapi.

وَمِن كُلِّ شَىْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Wa ming kulli syai’in khalaqna zaujaini la’allakum tazakkarun

Artinya: “Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”

Hukum menikah sendiri bagi seorang Muslim adalah sunnah bagi mereka yang mampu dan dalam kondisi khusus, hukum menikah bisa menjadi berbeda. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis artinya:

“Wahai para pemuda, jika kalian telah mampu, maka menikahlah. Sungguh menikah itu lebih menentramkan mata dan kelamin. Bagi yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa bisa menjadi tameng baginya.” (HR. Bukhari No. 4779).

Doa Yang Dibacakan Pria Setelah Ijab qobul

Untuk mendapatkan kehidupan bahtera rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah, setiap Muslim dianjurkan untuk membacakan doa setelah akad nikah. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni as aluka khoyrohaa wa khoyro maa jabaltahaa alaih. Wa a’udzubika min syarri haa wa min syarri maa jabaltahaa alaih

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepadaMu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau ciptakan atasnya dan aku berlindung kepadaMu dari kejelekan atas yang Engkau ciptakan.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah).

Akan tetapi sebelum membaca doa setelah akad nikah, sang suami mendatangi istrinya untuk mengusap ubun-ubun sang istri. Setelah itu, dilanjutkan dengan sholat sunnah dua rakaat. Berikut niat dan doa setelah shalat Sunnah dua rakaat:

  • Niat melakukan shalat sunnah zifaf:
أُصَـلِّىْ سُنَّةَ لَيْلَةِ الزِّفَافِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّـهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan lailataz zifafi rok’ataini lillahi ta’ala

Artinya: “Saya shalat sunnah malam pengantin dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Setelah salam disunnahkan membaca doa berikut:
رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

Bacaan doa ini dilakukan oleh pengantin pria setelah ijab qobul sembari memegang ubun-ubun sang istri. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

Hal ini bisa dilakukan dalam keadaan sudah agak tenang dan tamu sudah sedikit berkurang. Lalu ketika malam pertama, kalau ingin menjimak istri, sebelum berjimak dianjurkan membaca doa ini:

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari anak yang hendak Engkau berikan sebagai rezeki bagi kami.”

Sungguh jika Allah menakdirkan mereka dikaruniai putra dari hubungan tersebut, selamanya setan tidak bisa mencelakainya. (HR Bukhari dan Muslim).

Demikian penjelasan terkait doa setelah menikah yang dapat di bacakan oleh pengantin pria. Semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru