Bacaan Doa Terlanjur Ghibah Agar Terhindar Dari Dosa

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ketika kamu terlanjur melakukan ghibah alangkah baiknya kamu memohon ampunan kepada Allah Subhanahu Wata'ala dan membaca doa berikut!

INDIFFS.COM – Ghibah merupakan perbuatan membicarakan keburukan atau aib orang lain. Biasanya orang ini keinginan untuk menghancurkan orang lain dan ini cenderung semakin menguatkan kebencian pada sesama. Jelas dalam Islam hal ini sangat dilarang, bahkan ini termasuk ke dalam perbuatan yang sangat berbahaya menurut pandangan Islam. Namun, bagaimana jika kita terlanjur ghibah atau membicarakan orang lain? Maka dari itu, ketika kamu terlanjur ghibah atau menggosipkan orang lain, alangkah baiknya untuk memohon ampunan kepada Allah SWT melalui doa karena telah terlanjur menggunjing orang lain.

Doa Terlanjur Ghibah

Adapun ketika kita terlanjur mengghibah atau menggunjing, sebaiknya berhenti dan membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Allahummaghfir Lanaa Wa Lahuu

Artinya: “Ya Allah, ampunilah kami dan ampunilah dia (orang yang di ghibahi).”

Doa tersebut ditulis berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dalam kitab Al-Da’awar Al-Kabir dari Anas bin Malik. Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ مِنْ كَفَّارَةِ الْغِيبَةِ أَنْ تَسْتَغْفِرَ لِمَنِ اغْتَبْتَهُ، تَقُولُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Artinya: “Sesungguhnya sebagai kafarat ghibah adalah kamu mendoakan ampunan atas orang yang kamu ghibahi dengan mengucap, ‘Allahummaghfir lanaa wa lahuu’.”

  • Doa Agar Terhindar Dari Ghibah dan Berburuk Sangka

Berikut doa agar terhindar dari ghibah:

اللهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

Allahumma ati takwaha wa zakkiha anta khoiru man zakkaha anta waliyyuha wa maulaha. Allahumma inni a’uzubika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qolbin la yakhsya’u wa min nafsin la tasyba’u wa min da’watin la yustabu laha

Artinya: “Ya Allah, karuniakan ketakwaan pada jiwaku. Sucikanlah ia, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik yang mensucikan nya, Engkaulah yang menjaga serta melindunginya. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak manfaat, hati yang tidak khusyuk, dan doa yang tidak dikabulkan.”

  • Doa Memohon Ampunan Dari Dosa Besar

Doa ini terdapat pada potongan hadist dari Imam Al Hakim,

اَللَّهُمَّ مَغْفِرُتُكَ اَوْسَعُ مِنْ ذُنُوْبِيْ وَرَحْمَتُكَ اَرْجَى عِنْدِيَ مِنْ عَمَلِيْ

Allahumma maghfiratuka awsa’u min zunubi wa rahmatuka arja ‘indi min ‘amali

Artinya: ” Ya Allah, ampunan-Mu lebih luas daripada dosa-dosaku, rahmat-Mu lebih bisa diharapkan untukku daripada amalku.”

  • Doa Agar Dijauhkan Dari Iri Dan Dengki

Ghibah atau menggunjing orang lain ini muncul dari sifat iri dan dengki, maka dari itu sebaiknya memohon dan meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu Wata’ala agar di jauhkan dari sifat tercela ini dengan memanjatkan doa berikut:

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

Rabbanaghfirlanaa wa liikhwaninnalladziina sabaquunaa bilimaani wa laa taj’alfii quluubinaa ghilaa lilladziina amanuu rabbannaa innaka raufur roohiim

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami dan dosa-dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”

Itulah beberapa doa terlanjur ghibah agar terhindar dari dosa. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru