Bacaan Pengganti Doa Qunut: Lengkap Dalil dan Keutamaannya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kamu tidak hafal bacaan doa qunut shubuh? Coba baca doa pengganti qunut berikut ketika kamu tidak hafal ataupun lupa. Simak selengkapnya!

INDIFFS.COM – Bagi seorang muslim ketika sedang melaksanakan sholat shubuh, maka dianjurkan untuk membaca doa Qunut setelah i’tidal kedua. Namun, jika tidak hafal doa qunut, ada doa pendek lain sebagai pengganti nya, sehingga tetap mendapatkan keutamaan doa qunut.

Adapun amalan doa qunut pada shalat shubuh hukumnya ialah sunah ab’ad. Yang mana jika doa qunut terlupa maka tak sampai membatalkan shalat dan pelakunya dianjurkan melakukan sujud sahwi.

Doa Pengganti Qunut

Syekh Zainuddin Al Malibari dalam kitab Fathul Mu’in juz 1 menerangkan, seseorang cukup membaca ayat yang mengandung doa lalu meniatkannya sebagai qunut. Sebagai contoh membaca ayat akhir surah Al-Baqarah. Beliau juga menyatakan dapat pula doa qunut menggunakan redaksi dengan membaca doa-doa lain.

Hal tersebut sebagai mana dijelaskan dalam kitab Fath al-Mu’in:

ولا يتعين كلمات القنوت فيجزىء عنها آية تضمنت دعاء إن قصده كآخر البقرة وكذا دعاء محض ولو غير مأثور

Artinya: “Kalimat doa qunut tidak tertentu pada redaksi khusus, sehingga tetap mencukupi atas bacaan qunut dengan membaca ayat yang mengandung doa, ketika doa tersebut diniatkan qunut seperti halnya pada akhir surat Al Baqarah. Begitu juga bacaan qunut dianggap cukup dengan membaca doa-doa lain, meskipun tidak bersumber dari Rasulullah SAW.” (Syekh Zainuddin al-Maliabari, Fath al-Mu’in, jus 1, hal. 160)

Bacaan Pengganti Doa Qunut

Adapun berikut merupakan doa yang bisa dibacakan pada saat melaksanakan qunut ketika tidak hafal doa qunut:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanahwa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Keutamaan Membaca Qunut

Berikut merupakan beberapa keutamaan membaca doa qunut yang perlu diketahui bagi kamu seorang muslim, agar dapat menghafalnya:

1. Mendapatkan Perlindungan dari Hal yang Buruk

Hanya Allah lah yang Maha Pengampun yang dapat memberikan perlindungan kapanpun dimana pun. Adapun dalam bacaan qunut sendiri secara tidak langsung memohon perlindungan kepada allah dari segala bentuk marabahaya.

Karena, dalam doa qunut terdapat kalimat “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang artinya “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan”.

2. Akan Diberikan Petunjuk dari-Nya

Pada doa qunut juga kita memohon agar senantiasa mendapatkan petunjuk darinya. Dalam doa qunut terdapat kalimat “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang memiliki makna suatu permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk.

3. Akan Diberkahi Hidupnya

Pada doa qunut, kita juga memohon diberkahi dari segala sesuatu yang telah Allah anugerahkan. Baik berupa usia, kesehatan, harta benda, jabatan, maupun istri dan anak.

Dalam doa qunut terdapat kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang maknanya berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih.

4. Terhindar dari Penyakit

Dalam doa qunut, kita secara tidak langsung memohon perlindungan Allah dari segala bentuk marabahaya dan penyakit. Adapun dalam qunut terdapat kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” yang diyakini akan memberi perlindungan berbentuk keselamatan termasuk dari penyakit hati, rohani, dan jasmani.

Demikianlah bacaan yang bisa dijadikan sebagai pengganti dari doa Qunut shubuh jika lupa atau tidak hafal. Wallahu’alam.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru