Bacaan Sholawat Asyghil Nahdlatul Ulama dan Keutamaannya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Sholawat Asyghil ini merupakan salah satu sholawat yang lebih populer dikalangan Nahdhatul Ulama dan Pondok pesantren. Berikut bacaannya!

Indiffs – Umat Islam di anjurkan untuk membaca sholawat sebagai bentuk rasa mencintai kepada Nabi Muhammad SAW. Membaca sholawat juga dapat menjadi pengingat yang jitu jika kita mulai lupa kepada tugas dan tanggung jawab. Dengan membaca sholawat juga dapat mencegah kita lupa kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Bahkan, dengan membacakan sholawat akan mendapatkan syafaat Nabi SallallahuAlaihi Wassalam di yaumil akhir kelak. Dari sekian banyak sholawat, sholawat asyghil ini menjadi salah satu sholawat yang sebaiknya di lafalkan. Shalawat ini lebih populer terutama dalam masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) dan kalangan pesantren.

Sholawat Asyghil

Adapun bacaan sholawat Asyghil ini ialah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ وَعَلَي الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa asyghilidz dzolimin bidz dzolimin wa akhrijna min bainihim salimin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’iin

Artinya: “Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibuk kan lah orang-orang dzalim dengan orang dzalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkan lah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat Nabi SAW.”

Keutamaan

Bagi umat Islam, bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW tentunya memiliki keutamaan yang besar dan menghasilkan manfaat yang banyak di dunia dan akhirat.

Sholawat Asyghil di lantunkan dengan tujuan memohonkan rahmat Allah untuk Rasulullah SAW sekaligus memohon keselamatan dari kedzaliman para penguasa. Oleh karena itu, banyak ulama yang menganjurkan umat Muslim untuk sering melantunkan sholawat Asyghil, baik secara individu maupun berjamaah. Disebutkan juga dalam beberapa riwayat bahwa sholawat Asyghil mampu mendatangkan rezeki kepada seorang Muslim yang melantunkan nya. Dikutip dari Kumparan.

Tak hanya itu, dengan membaca sholawat juga memiliki keutamaan yang luar biasa, yakni dapat dihindarkan dari kesusahan dunia dan akhirat. Sebagaimana tertuang dalam hadist berikut:

عَنِ الطُّفَيْلِ بْنِ أُبَيٍّ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: قَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَرَأَيْتَ إِنْ جعلتُ صَلَاتِي كُلَّهَا عَلَيْكَ؟ قَالَ: "إِذَنْ يَكْفِيكَ اللَّهُ مَا أهَمَّك مِنْ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ"

Dari At-Tufail ibnu Ubay, dari ayahnya yang menceritakan bahwa seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah Saw., “Wahai Rasulullah, bagaimanakah pendapatmu jika kujadikan semua doaku untukmu?” Rasulullah Saw. menjawab: Kalau demikian, Allah akan menghindarkan dirimu dari kesusahan dunia dan akhirat mu.

Selain itu, dengan membaca sholawat juga memiliki fadhilah dapat di bukanya pintu doa, sebagai mana terdapat dalam hadist berikut,

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ دُعاءٍ إلا بَيْنَهُ وَبَيْنَ السَّماءِ حِجَابٌ حَتَّى يُصَلِّيَ عَلَيَّ ، فإذا صَلَّى عَلَيَّ انْخَرَقَ ذٰلِكَ الحِجَابُ وَرُفِعَ الدُّعَاءُ}.

Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Tiadalah sebuah doa terkecuali diantara doa tersebut dan langit ada hijab hingga dibacakan sholawat untukku. Ketika dibacakan sholawat untukku maka terbukalah hijab tersebut dan di angkatlah doa “

Itulah bacaan serta fadhilah membacakan sholawat, termasuk sholawat asyghil yang lebih populer di kalangan Nahdlatul Ulama. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah, dan Mendapatkan syafaat Rasul di ayumil akhir kelak. Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru