Bacaan Sholawat Munjiyat: Arab, Latin, Arti Dan Keutamaannya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Banyak sekali keutamaan yang di dapat setiap kali membacakan sholawat Nabi, salah satunya dengan membaca bacaan sholawat munjiyat ini.

Indiffs – Membaca sholawat menjadi sebuah keharusan bagi setiap umat muslim, banyak sekali keutamaan membaca sholawat kepada Nabi Salallhualaihi Wassalam ini, salah satunya dapat mendapat kan syafaat di akhirat kelak. Banyak sekali macam macam sholawat Nabi ini, bahkan dengan melafalkan kalimat shallallâhu alâ Muhammad itu merupakan bentuk ucapan sholawat. Dan satu di antaranya ialah Sholawat Munjiyat, ini merupakan salah satu bacaan shalawat yang sering diamalkan.

Sholawat Munjiyat

Adapun lafal Shalawat Munjiyat secara lengkap adalah sebagaimana berikut,

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Allahumma shalli ‘ala Sayyidinaa Muhammadin shalaatan tunjiina bihaa min jami’il ahwaali wal aafaat wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al haajat wa tuthahhirunaa bihaa min jami’is sayyiat wa tarfa’una bihaa ‘indaka a’lad darajaat wa tuballighuna biha aqshal ghaayat min jamii’il khairaati fil hayaati wa ba’dal mamaat.

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati”

Sholawat Munjiyat ini bisa di laflkan pada doa doa, terkhusus pada saat doa tahlil yang di anjurkan untuk di baca. shalawat munjiyat juga dianjurkan untuk dibaca sebagai dzikir pada saat setelah melaksanakan shalat hajat, dengan harapan agar hajat yang diinginkan segera terpenuhi.

Keutamaan Sholawat Munjiyat

Ada beberapa keutamaan yang di dapat apabila membaca shalawat munjiyat ini secara rutin.

  • Doa yang di panjatkan agar cepat terkabul
  • Agar harapan atau hajat terpenuhi
  • Menjauhkan dari segala bentuk mala petaka
  • Menjauhkan dari cobaan dan hal-hal buruk
  • Menjauhkan dari musibah yang menyengsarakan
  • Melapangkan segala Kesulitan
  • Mendapatkan pertolongan Allah SWT

Dan banyak lagi keutamaan yang di dapatkan dalam membaca sholawat ini, selain dikabulkan doa atau hajat, membaca sholawat juga bisa menjadi penolong syafaat di akhirat kelak. Adapun bacaan sholawat munjiyat ini utamanya di lafalkan sebagai pembuka dari untaian doa-doa setelah tahlil. Namun meski begitu, akan lebih afdhal jika dalam mengamalkan shalawat munjiyat ini atas petunjuk dari seorang guru yang mengarahkan kita untuk mengamalkan membaca shalawat munjiyat, agar kadar bacaan yang kita amalkan dapat lebih efektif dan proposional.
Wallahua’lam.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru