Bacaan Sholawat Nariyah Arab, Latin, Arti Serta Keutamaannya

Hani Hnsa 0 Komentar

Sholawat Nariyah dipercaya dapat memberi banyak faedah, salah satunya melancarkan rezeki dan permintaan akan cepat ter-kabul.

Indiffs – Umat Islam dianjurkan untuk rutin bersholawat sebagai ungkapan rasa cinta kepada Nabi Muhammad beserta keluarganya. Ada beberapa macam sholawat yang dapat dibaca, salah satunya yaitu Sholawat Nariyah. Simak bacaan sholawat Nariyah beserta artinya berikut.

Sholawat juga menjadi bentuk ibadah serta doa meminta rahmat dari Allah SWT, tak terkecuali sholawat nariyah. Bahkan Allah memerintahkan langsung manusia untuk bersholawat melalui firmanNya dalam Al-Qur’an.

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56)

Selain itu, Nabi Muhammad dalam hadist Tarmizi berbicara mengenai sholawat. Ia akan memberikan syafaat atau pertolongannya kepada manusia yang gemar membaca sholawat. Berikut ini hadist Nabi:

“Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku,” (HR. Tirmidzi).

Bacaan Sholawat Nariyah

Bagi muslim, shalawat Nariyah adalah cara ungkapan untuk mengadu dan memohon Rahmat Allah SWT dan Rasulullah SAW.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma shalii shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju. Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.

Artinya: “Ya Allah, limpahkan lah shalawat yang sempurna dan curahkan lah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Dalam berbagai riwayat, shalawat Nariyah juga menjadi kunci untuk terbukanya pintu rejeki dan kemudahan-kemudahan lainnya. Lebih dari itu, shalawat ini adalah salah satu cara untuk memohon rahmat dan hidayah-Nya.

Keutamaan

Sebenarnya, orang yang mendoakan Nabi Muhammad SAW adalah mendoakan untuk dirinya sendiri. Sebab, Allah SWT sudah menjamin para nabi-Nya, sehingga doa tersebut akan berbalik kepada orang yang berdoa dengan penuh keberkahan.

Nabi SAW berperan sebagai wasilah yang dapat melancarkan doa orang yang membaca shalawat kepadanya. Inilah yang merupakan salah satu rahasia doa yang disertai dengan shalawat, dan kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini.

Bukan hanya menunjukkan rasa cinta kepada rasulullah SAW, rutin membaca shalawat yang salah satunya adalah shalawat nariyah juga memiliki keutamaan lain yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja?

  • Dikabulkan keinginan. Saat memiliki keinginan, perlu ada ikhtiar untuk mewujudkannya. Selain usaha juga diperlukan doa yang dipanjatkan dengan sepenuh hati. Salah satu cara agar doa tersebut lebih mudah dikabulkan adalah dengan mengiringinya dengan salawat.
  • Dipermudah rezeki. Meski setiap manusia memiliki rezeki masing-masing, namun tetap saja manusia harus berikhtiar untuk mendapatkannya. Salah satu cara agar rezeki bisa dicapai dengan berkah dan mudah adalah dengan selalu bersalawat. Di setiap doa yang dilafadzkan juga harus diiringi dengan salawat.
  • Dipermudah urusan. Rasulullah pernah bersabda bahwa siapa saja yang mengamalkan bacaan salawat nariyah akan memiliki keutamaan yang sangat besar. Keutamaan tersebut adalah akan dipermudahkan jalannya dan dikabulkan hajat yang diinginkannya.
  • Rezeki turun dari langit dan tumbuh di bumi. Ini akan didapatkan ketika salawat nariyah dibaca setiap hari sebanyak 11 kali. (Syaikh Muhammad at-Tanusi)
  • Ketika dibaca setelah salat subuh sebanyak 41 kali, maka apa yang diinginkannya akan terwujud.
  • Ketika dibaca sehari sebanyak 100 kali, maka harapannya akan terwujud, bahkan lebih dari yang yang dibayangkan sebelumnya.
  • Ketika dibaca sehari sebanyak 313 kali dengan niat membuka tabir rahasia, maka ia akan melihat segala hal yang menjadi harapan-harapannya.
  • Ketika dibaca setiap hari sebanyak 1.000 kali, maka orang tersebut akan mendapatkan sesuatu yang tidak bisa dibayangkan oleh siapa pun (ma la ain ra’at wa la udzun sami’at wa la khathr fi qalb basyar/yang tak ter-indera mata, tak terdengar telinga, dan tak terbesit di hati manusia).
  • Menurut Al-Qurthubi, sebagaimana yang juga ditegaskan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani, memberikan satu bilangan khusus untuk membaca shalawat nariyah ini, yaitu sebanyak 4.444 kali. Ketika shalawat nariyah dibaca sebanyak 4.444 kali dan disertai dengan tawasul kepada Nabi SAW, maka segala harapan (bahkan yang besar pun) akan terwujud. Juga akan dihindarkan dari seluruh cobaan (bala’).

Inilah penjelasan terkait dengan shalawat Nariyah. Semoga dengan mengetahui hal ini, umat muslim dapat rutin mengamalkannya serta meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru