Bacaan Sholawat Nuridzati: Lengkap Latin, Arti dan Keutamaannya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Dari berbagai macam sholawat yang sangat banyak, ada salah satu sholawat yang jika dibaca memiliki manfaat dahsyat yaitu sholawat Nuridzati.

INDIFFS.COM – Sholawat nuridzati merupakan salah atau bacaan shalawat yang sering diamalkan umat muslim di Tanah Air. Shalawat ini merupakan bacaan doa yang disusun oleh imam Abu al Hasan Asy-Syadzili yang juga dikenal juga dengan Sholawat Syadiziliyah.

Adapun isi dari sholawat Nuridzati ini ialah pujian yang ditujukan kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Penyusun Imam Abu Al Hasam Asy Syadizili bekrkata, jika seseorang membaca sholawat nuridzati sebanyak satu kali artinya sama dengan membaca 100.000 Shalawat.

Bacaan Sholawat Nuridzati

Shalawat ini mungkin tidak sepopuler sholawat lainnya yang kerap didawamkan kaum Muslim, seperti sholawat Nariyah, Thibbil Qulub dan sholawat badar.

Berikut telah kami sajikan bacaan shalawatnya yang lengkap dengan latin dan artinya:

اَللّٰهُمَّ صَلِّى وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سّيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِالنُّوْرِ الذَّاتِى وَالسِّرِّ السَّارِى فِى سَائِرِ الْأَسْمَاءِ وَالصِّفَاتِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma Sholli Wa Sallim Wa Baarik ‘Ala Sayyidinaa Muhammadin-Nuridzaati Wassirris Saari Fii Saairil Asmaai Washifaati Wa ‘Ala Aalihi Wa Shohbihi Wa Sallim

Artinya: “Ya Allah tambahkanlah kesejahteraan, keselamatan serta keberkahanMU kepada junjungan kami Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa salam, yang merupakan cahaya Dzat (Allah) dan juga rahasia yang mengalir pada seluruh nama dan seluruh sifat, dan tambahkanlah pula kesejahteraan, keselamatan dan keberkahan kepada keluarga dan para sahabatnya.”

Keutamaan Membaca Shalawat

Setiap sholawat tentunya memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi pelantunnya, berikut merupakan manfaat membaca shalawat nuridzati:

1. Dijauhkan dari Bencana

Keutamaan yang pertama ialah bisa menghindarkan kita dari bencana. Sholawat ini juga dapat diamalkan setiap usai sholat fardhu paling sedikitnya 3 kali seusai melaksanakan sholawat maghrib dan subuh.

2. Memperlancar Rezeki

Keutamaan selanjutnya ialah dapat memperlancar rezeki. Siapa saja yang mengamalkannya sebanyak tiga kali setelah sholat fardhu, maka rezekinya akan lancar dan barokah.

3. Pelindung Diri dari Marabahaya

Baca sholawat ini ketika hendak berpergian keluar rumah baik naik kendaraan darat, aut maupun udara. Di mana sholawat ini berkhasiat melindungi dari segala marabahaya. Kemudian sempurnakan dengan bacaan Laa haula wa laa quwwata illaa billah.

4. Mendapatkan Syafaat di Akhirat

Tentunya setiap shalawat memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi pelantunnya. Yang mana dengan membaca shalawat akan mendapatkan Syafaat di Akhirat kelak. Hal ini sebagai mana tertuang dalam hadist Riwayat Thabrani, yang artinya:

“Barangsiapa bersholawat kepadaku pada waktu pagi dan sore sebanyak sepuluh kali maka ia akan memperoleh pertolonganku (syafaat) pada hari kiamat nanti.”

5. Ditinggikan Derajat dan Dihapuskan Segala Dosa

Allah Subhanahu Wata’ala akan meninggikan derajat umat-Nya yang bershalawat kepada Nabi-Nya. Selain itu, Allah juga akan menghapuskan segala dosa dan kesalahan mereka. Hal ini sebagai mana sabda Rasul yang artinya:

“Siapa yang bersholawat kepadaku (Muhammad) satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali. Dan Allah akan menghapuskan seluruh kesalahannya serta meninggikan derajatnya. “(HR. Ahmad, Nasa’I, dan Hakim).

Demikianlah informasi mengenai bacaan Sholawat Nuridzati lengkap dengan keutamaan dan artinya. Semoga dengan memperbanyak membaca shalawat kita semua dilindungi oleh-Nya dan senantiasa mendapatkan Syafaat di Akhirat kelak. Wallahu’alam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru