Bacaan Sholawat Penghapus Dosa Selama 80 Tahun, Amalkan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Terdapat sholawat penghapus dosa selama 80 tahun bagi setiap umat muslim apabila mengamalkannya pada hari Jumat. 

Indiffs – Sholawat merupakan bentuk rasa cinta umat muslim kepada Rasulullah SAW. Pada hari Jumat, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak bacaan sholawat dan membaca Al Quran. Membaca sholawat di hari Jumat dapat mendatangkan pahala bagi siapa pun yang membacanya. Selain itu, terdapat sholawat penghapus dosa bagi setiap umat muslim yang mengamalkannya.

Perintah Bersholawat

Nabi Muhammad sebagai suri tauladan terpuji yang sudah sepatutnya kita teladani. Faedah dari sholawat yang dibaca pada hari Jumat sangat besar, bagi yang membaca satu kali saja sholawat maka akan diampuni dosanya selama 80 tahun. Perintah membaca sholawat kepada Nabi merupakan perintah langsung Allah SWT melalui firman-Nya dalam dalam Kitab Suci Al Quran dalam surah Al Ahzab ayat 56.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Selain itu Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

Artinya: “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali,” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).”

Sholawat Penghapus Dosa

Dari sekian banyak sholawat, ada satu sholawat yang memiliki keutamaan sangat besar yakni dapat menggugurkan dosa selama 80 tahun. Sahabat Abu Hurairah radhiyallahu’anhu berujar bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ صَلىَّ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمْعَةِ ثَمَانِيْنَ مَرَّةً غَفَرَ اللهُ لَهُ ذُنُوْبَ ثَمَانِيْنَ سَنَةً قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ الصَّلاَةُ عَلَيْكَ قَالَ: قُوْلُوْا اَللّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ، وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

Artinya: “Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku pada hari Jumat 80 kali maka Allah akan mengampuni dosanya selama 80 tahun. Lalu ada yang bertanya kepada beliau: “Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara bersholawat atasmu? Beliau menjawab: “Ucapkanlah:

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وتعقد واحدا

Allahuma sholli ‘alaa Muhammadin ‘Abdika wa Rosulika An-Nabbiyil Ummi.

“Ya Allah, limpahkanlah sholawat-Mu kepada Muhammad, hamba, Nabi dan Rasul-Mu, seorang Nabi yang ummi’, dan kamu hitung satu kali”. (Hadits Hasan riwayat Al-Daraquthni. Hadits ini dihasankan oleh Al-Imam Ibnu Al-Nu’man dan Al-Hafizh Al-‘Iraqi).

Sholawat tersebut juga di sebut sebagai sholawat Ummy yang apabila di amalkan dan juga dibaca sebanyak 80 kali di hari Jumat selain mendapat pahala maka dosanya akan diampuni selama 80 tahun. Dan apabila sholawat ini dibaca sebanyak 500 kali pada malam Jumat, maka niscaya ia tidak akan mati sebelum berjumpa dengan Nabi Muhammad saw, dalam keadaan sadar.

Itulah bacaan sholawat penghapus dosa selama 80 tahun. Setelah mengetahui bacaan serta keutamaan nya, maka dari itu mari amalkan sholawat ini di hari Jumat supaya bisa mendapatkan keutamaan nya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru