Bacaan Sholawat Tausi’ul Arzaq: Arab, Latin, Arti dan Keutamaan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Sholawat Tausi'ul Arzaq merupakan salah satu sholawat pembuka pintu rezeki paling ampuh serta menjaga agar akhlak budi pekerti tetap baik.

INDIFFS.COM – Sholawat merupakan salah satu amalan yang memiliki keutamaan dan menghasilkan manfaat bagi umat Muslim yang mengamalkannya. Adapun salah satu bacaan sholawat yang bisa diamalkan ialah sholawat Tausi’ul Arzaq atau sholawat Litawsi’il Arzaq.

Sholawat Tausi’ul Arzaq juga merupakan bagian dari Doa dan Amalan wasilah shalawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Keutamaan mengamalkan Sholawat yang satu ini diantaranya dibukanya pintu rezeki.

Berdasarkan buku 135 Sholawat Nabi karya Habib Syarif Muhammad Aydrus. Disebutkan bahwa seseorang yang ingin rezeki yang luas dan akhlak yang baik, maka dianjurkan untuk membaca sholawat ini secara terus menerus usai sholat fardhu sebanyak 11 kali.

Bacaan Sholawat Tausi’ul Arzaq

Berikut ini merupakan bacaan sholawatnya lengkap dengan arab, latin dan artinya:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُوَسِّعُ بِهَا عَلَيْنَا الْأَرْزَاقَ وَيُحْسِنُ بِهاَ لَناَ الْأَخْلَاقَ وَعَلَى آلِهِ وِصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin sholatan tuwassi’u biha ‘alainal arzaqa wa tuhassinu biha lanal akhlaqa wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, rahmat yang meluaskan rezeki bagi kami, yang menjadikan akhlak kami baik, dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada segenap keluarga dan sahabatnya.”

Keutamaan

Berdasarkan buku 135 Sholawat Nabi karya Habib Syarif Muhammad Aydrus. Disebutkan jika seorang pedagang menginginkan untuk yang banyak, maka dianjurkan membaca sholawat ini sebanyak 21 kali setiap kali mau berdagang. Maka, dengan izin Allah saat berdagang nanti akan mendapatkan untung yang banyak.

Selain istiqomah membaca shalawat ini, amalan-amalan lainnya yang dapat mempermudah dan dimurahkan rezekinya, yaitu sebagai berikut:

1. Bersedekah dengan Penuh Keikhlasan

Hal ini sesuai dengan janji Allah yang tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 261,

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

2. Memperbanyak Istigfar

Amalan selanjutnya yang dapat mempermudah dan dimurahkan rezekinya yaitu dengan memperbanyak istigfar. Sebagaimana tertuang dalam Qur’an Surat ayat 10-12)

“…Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) sungai-sungai.”

3. Bertawakkal kepada Allah.

Selain berdoa dan berikhtiar, kita juga diharuskan untuk bertawakal kepada Allah agar senantiasa mempermudah mendapatkan rezeki.

“Seandainya kamu bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakkal, pasti kamu diberi rezeki sebagaimana burung yang diberi rezeki, ia pergi pagi hari dalam keadaan lapar dan pulang petang hari dalam keadaan kenyang.” (Riwayat Imam Ahmad, At-Tarmizi, Ibnu majah, dan yang lainnya)

4. Silaturrahim

Amalan lainya yang dapat mempermudah dan dimurahkan rezekinya, yaitu dengan bersilaturrahim.

“Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan dilambatkan ajalnya, maka hendaklah dia menghubungi sanak saudaranya.” (Riwayat Bukhari)

Itulah bacaan sholawat nabi Tausi’ul Arzaq serta amalan yang dapat mempermudah rezeki. Tentunya, jika istiqomah dijalankan, maka dengan izin Allah akan dilapangkan rezekinya di mana pun berada. Aamiin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru