Bacaan Sujud Tilawah: Niat, Doa Lengkap Beserta Tata Caranya

Hani Hnsa 0 Komentar

Sujud tilawah disebut juga dengan sujud bacaan. Berikut bacaan doa dan niat Sujud Tilawah beserta tata cara melaksanakannya.

IndiffsSujud tilawah berakar dari dua kata dasar bahasa Arab di mana sujud berarti tunduk dan merendahkan diri, sementara tilawah artinya membaca Al Quran. Hal ini berarti menurut buku Serba-Serbi Sujud Tilawah oleh Maharati Marfuah, Lc, sujud tilawah adalah sujud yang disebabkan karena membaca ayat Al Quran. Atau lebih lengkapnya, sujud tilawah adalah sujud yang dikerjakan karena membaca atau mendengar bacaan ayat-ayat sajdah di dalam sholat maupun di luar sholat. Sujud tilawah disebut juga dengan sujud bacaan.

Melansir dari detik.com, ayat sajdah itu merupakan ayat-ayat tertentu dalam Al Quran yang bila dibaca, maka disunnahkan bagi yang membaca dan mendengarkan untuk melakukan sujud tilawah.

Lalu bagaimana bacaan sujud tilawah dan tata caranya?

Bacaan Sujud Tilawah

Untuk melakukan sujud tilawah, bacalah niat seperti di bawah ini:

Nawaitu sujuuda taalaawati sunnattan lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku melakukan sujud tilawah sunah kerana Allah Ta’ala”

Adapun bacaan yang disunahkan dibaca ketika melakukan sujud tilawah sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudlatut Thalibin adalah sebagai berikut:

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ

Sajada wajhiya lil ladzi khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam’ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwatihi

Artinya: “Bersujud wajahku kepada dzat yang telah menciptakannya, telah membentuknya, telah membukakan pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya”

Juga disunnahkan membaca doa:

اللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاقْبَلْهَا مِنِّي، كَمَا قَبِلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ

Allahummaktub liy biha ‘indaka ajraa, waj’alha liy ‘indaka dzukhran, wa dhao’ ‘anniy biha wizro, waqbalha minniy kama qabiltaha min ‘abdika dawuda ‘alaihissalam

Artinya: “Ya Allah, tetapkanlah pahala untukku di sisi-Mu dengan sujud ini, jadikanlah sujud ini sebagai tabunganku di sisi-Mu, lepaskanlah dosa-dosaku melalui sujud ini, terimalah sujud ini dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hamba-Mu Nabi Daud.”

Tata Cara Sujud Tilawah

Sujud tilawah ada dua jenis, yaitu sujud yang dilakukan dalam salat dan yang dilakukan di luar salat. Berikut perbedaan tata cara menjalankannya:

1. Dilakukan di Luar Sholat

Sujud tilawah disunahkan untuk dilakukan jika mendengar atau membaca ayat sajdah. Jika ingin melakukan sujud tilawah maka berniat sujud tilawah kemudian bertakbir seperti takbiratul ihram dalam salat dan sujud sekali dengan membaca doa sujud tilawah.

2. Dilakukan dalam Sholat

Pada saat membaca ayat-ayat sajdah, disunahkan untuk berniat melakukan sujud untuk tilawah. Mengucapkan takbir, kemudian melakukan sujud sekali dan membaca doa sujud tilawah. Kemudian berdiri kembali dan melanjutkan bacaan ayat tersebut untuk melanjutkan salatnya sampai salam.

Lalu ketika dalam salat ber-jamaah, sujud tilawah dilakukan secara ber-jamaah dengan mengikuti imam nya. Jika imam tidak melakukannya maka makmum nya juga tidak perlu bersujud. Jika melakukan sujud tilawah sendiri maka akan batal salatnya karena salat ber-jamaah harus mengikuti imam.

Itulah bacaan niat doa sujud tilawah beserta tata caranya. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru