Bacaan Surat Al Mu’awwidzat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Resa Azzahra 0 Komentar

Bacaan Surat Al Mu'awwidzat adalah doa pelindung yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebagai penyembuh dan perlindungan. Berikut bacaanya!

INDIFFS.COM – Bacaan surat Al-Mu’awwidzat adalah surat yang terdiri dari surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. Surat Al Mu’awwidzat memiliki kedudukan yang tinggi diantara surat-surat lainnya dan disunnahkan untuk dilafalkan atau dibaca sebelum tidur.

Salah satu bacaan doa pelindung ini yang dilakukan oleh Rasulullah SAW menjelang tidur, dan salah satunya membacakan tiga surat pelindung, yakni surat Al-Falaq, An-Nas dan Al-Ikhlas. Dalam HR Bukhari dari Aisyah disebutkan:

عَنْ عَائِشَةَ رضي الله تعالى عنها-: «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ وَقُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ

‘An ‘aaisyah radhiallahu ta’ala anhaa ” anna nabiyyu shollallahu ‘alaihi wasallam Kaana idzaa Away ilaa firoosyihi kullu laylati jama’a kafaihi tsumma nafatsa fiihimaa faqoroa fiihimaa qul huwallahu ahad waqul a’uudzu birobil falaq waqul a’uudzubirobbinnas tsumma yamsahu bihimaa mastathoo’a min jadadihi yabdau bihimaa ‘alaa ro`sihi wamaa uqbala min jasadihi yaf’alu dzalika tsalaatsa marrootin

Artinya: “Bahwasanya apabila hendak tidur setiap malam, Nabi Muhammad SAW menggabungkan kedua telapak tangannya, kemudian beliau melakukan nafts (meniup) pada kedua telapak tangannya, lalu beliau membaca surat Al Ikhlash dan al Muawidzatain pada kedua telapak tangannya, lantas beliau mengusapkan dengan keduanya apa yang bisa digapai dengan keduanya kepada jasad (anggota tubuh). Beliau memulai (mengusap) dari kepalanya, wajahnya, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya tiga kali.” (HR Bukhari dari Aisyah).

Bacaan Surat Al Mu’awwidzat

Hal ini membuktikan keistimewaan dari Surat Al Mu’awwidzatain atau dua surat terakhir dalam Al-Qur’an tersebut. Surat ini berisi tentang meminta perlindungan kepada Allah SWT. Berikut bacaan-nya:

  • Surat Al-Ikhlas

Dinamakan surat Al Ikhlas, karena keutamaan nya bisa menyelamatkan orang yang membacanya dari kesulitan dunia dan kesulitan akhirat. Selain itu, juga mampu menyelamatkan dari kesulitan sakaratul maut dan juga menyelamatkan nya dari gelapnya alam kubur dan dari seram nya hari kiamat.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ١– قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ ٢ – اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ ٣ – لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ ٤ – وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Bismillahirrahmaniirrahiim, Qul huwallaahu ahad(un), Allahus-samad(u), Lam yalud wa lam yuulad, Wa lam yakul lahuu kufuwan ahad(un)

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhhamad), Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. serta tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.”

  • Surat Al- Falaq

Menjadi Penyembuh. Surat Al-Falaq juga bisa digunakan sebagai media penyembuhan. Hal ini berdasarkan pada hadis Nabi SAW dari Aisyah RA mengatakan: “Rasulullah apabila sakit, maka beliau akan membacakan untuk dirinya sendiri al-mu’awwidzat (surat-surat perlindungan termasuk al-Falaq) dan meniupkan pada tubuhnya.”

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ,قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ ,مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ ,وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ ,وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ ,وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Bismillahirrahmaniirrahiim, Qul a;udzu biraabbil-falaq, Min syarri ma khalaq, Wa min syarri gaasiqin iza waqab, Wa min syarri-naffasati fil-‘uqad, Wa min syarri haasidin izaa hasad

Artinya: “Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

  • Surat An-Nas

Surat An-Nas ini hanya Allah SWT. Manusia hanya mengetahui beberapa saja. Membaca surah An Nas diyakini bisa memberi perlindungan dari gangguan setan dan hal-hal buruk lainnya. Surat An Nas dan Surat Falaq bersama-sama disebut Al-Mu’awwidhatan yang artinya sebagai “Ayat Perlindungan”.

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ ,مَلِكِ النَّاسِۙ ,اِلٰهِ النَّاسِۙ ,مِنۡ شَرِّ الۡوَسۡوَاسِ  ۙ الۡخَـنَّاسِ ,الَّذِىۡ يُوَسۡوِسُ ,فِىۡ صُدُوۡرِ النَّاسِۙ ,مِنَ الۡجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Qul a’uzu birabbin naas, Malikin naas, Ilaahin naas, Min sharril was waasil khannaas, Al lazii yuwas wisu fii suduurin naas, Minal jinnati wan naas

Artinya: “Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,Raja manusia,sembahan manusia, dan kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,yang membisikkan 9kejahatan) ke dalamdada manusia, dari golongan jin dan manusia.”

Demikianlah doa Al Mu’awwidzatt yang dapat dilantunkan sebelum tidur sebagai doa kesembuhan serta perlindungan diri . Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru