Banyak yang Salah, 5 Hal Tentang Anxiety yang Perlu Diketahui

Admin 0 Komentar

Anxiety adalah gangguan kesehatan mental yang penderitanya merasa khawatir, cemas, atau takut yang cukup kuat untuk mengganggu aktivitas.

IndiffsAnxiety atau gangguan kecemasan adalah gangguan kesehatan mental yang penderitanya merasa khawatir, cemas, atau takut yang cukup kuat untuk mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebelum pergi ke psikolog atau psikiater, banyak orang yang mencoba untuk mengatasinya sendiri dengan mencari jawaban pada orang sekitar atau internet. Namun tidak sedikit yang kurang memahami dan menyebabkan anxiety yang dimilikinya semakin buruk. Berikut adalah 5 hal tentang anxiety yang perlu diketahui dan hampir semua orang salah tentang hal ini.

Coba Berpikir Realistis

Mungkin ketika kamu bercerita pada orang lain tentang anxiety yang kamu punya, kamu merasa bahwa dirimu tidak sempurna dan malu karena telah mengalami anxiety. Jika berfikir seperti itu, pikiranmu akan semakin kacau dan rasa cemas nya mulai meningkat. kamu bisa meyakinkan dirimu bahwa jalan hidup orang berbeda-beda dan tidak apa-apa untuk merasa cemas. Ajaklah dirimu untuk berfikir secara realistis.

Rasa Cemas Perlu Ada

Kecemasan yang ada di dalam dirimu tidak perlu sampai membatasi hidupmu. Hampir semua orang pernah merasakan cemas pada suatu hal pada hidupnya. Kamu hanya perlu mengontrol agar rasa cemas itu tidak menguasai dirimu.

Psikolog Susan David memiliki kutipan, “Ketidaknyamanan adalah harga masuk ke kehidupan yang bermakna,” Kamu bisa meyakinkan bahwa tidak apa-apa hidup bersama kecemasan untuk mencapai tujuan hidup yang lebih bermakna.

Jangan Berhenti Agar Rasa Cemas Hilang

Hampir semua orang berhenti melakukan kegiatan mereka agar rasa cemas yang dialaminya bisa menghilang. Padahal ketika berhenti, tandanya rasa cemas telah berhasil menguasai diri mereka sehingga mereka menyerah dan menghentikan apa yang dijalaninya.

Ketika kamu mencoba untuk memecahkan masalahnya, itu akan semakin melelahkan dan masalahnya semakin besar. Untuk mengatasinya, kamu bisa meyakinkan dirimu untuk menghargai apa yang kamu coba bangun hubungan dengan orang-orang sekitar.

Cari Jalan Keluar Bersama

Beberapa orang yang mengalami anxiety mencoba untuk memikirkan dan mencari jalan keluar dari gangguan kesehatan mental yang dialaminya. Namun itu adalah hal yang salah karena ketika mereka mengalami anxiety, pikiran mereka tidak akan jernih dan membuatnya semakin bingung dari sebelumnya sehingga anxiety semakin meningkat.

Kamu bisa membuat daftar dari hal tersebut dan menyingkirkan hal-hal dari dalam daftar yang bisa memicu anxiety. Temukan juga orang yang bisa membantu mu, itu bisa membuatmu mendapatkan ruang dan perspektif yang membuat pikiran lebih jernih dan tenang.

Pahami Emosi Diri Sendiri

Kecemasan bisa membentuk persepsi yang salah. Terkadang orang yang mengalami anxiety merasa bahwa mereka ditinggalkan dan tidak di pedulikan oleh orang lain. Padahal nyatanya itu tidak benar dan terjadi kesalahpahaman di sana karena persepsi yang salah.

Kamu bisa mencoba untuk memahami emosi yang sedang dirasakan dari diri kamu sendiri. Kenali bahwa emosi hanya menandakan apa yang kamu pedulikan. Peduli untuk diterima, di dukung, dan di sukai itu tidak salah.

Itulah tentang anxiety yang perlu diketahui dan hampir semua orang salah tentang hal itu. Semoga hal-hal yang telah disebutkan di atas bisa membantu mu untuk lebih mengenali tentang anxiety.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru