Baru! Fitur Polling WhatsApp, Begini Cara Mudah Membuatnya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Polling WhatsApp menjadi fitur terbaru dari aplikasi tersebut, pengguna dapat membuat daftar pilihan suara atau voting dengan mudah.

INDIFFS.COMWhatsApp baru saja merilis fitur terbarunya, yakni fitur polling. Fitur ini juga tersedia untuk pengguna WhatsApp iPhone maupun Android. Terlebih, ada berbagai cara yang harus dilakukan untuk bisa menggunakan fitur polling whatsApp ini.

Fitur Polling WhatsApp

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan seseorang untuk membuat daftar pilihan suara atau voting. Fitur ini juga bisa dilakukan baik dalam percakapan pribadi ataupun di grup.

Tentunya, kemunculan ini akan sangat mempermudah sejumlah anggota yang ada di dalam grup ketika ingin mengambil keputusan. Yang mana, pembuat voting akan dapat dengan jelas melihat hasil polling yang telah dipilih oleh seluruh anggota.

Apalagi, kehadiran fitur ini bisa dikatakan sangat dapat menghemat waktu. Agar kamu bisa menggunakan fitur ini, pastikan aplikasi WhatsApp mu sudah di-update ke versi paling baru.

Nah untuk pengguna Android, versi WhatsApp yang sudah bisa mencoba fitur ini adalah versi 2.22.23, sedangkan untuk iOS adalah versi 22.23.74.

Meski begitu, ada beberapa pengguna yang masih belum mendapatkan fitur polling, walau sudah melakukan update aplikasi. Tentunya itu menjadi kendala tersendiri, yang kemungkinan sinyal atau perangkat yang gunakan.

Cara Membuat Polling di WhatsApp

Untuk membuat fitur polling ini, pengguna bisa membuat polling hingga 12 opsi jawaban pada setiap jejak pendapat. Tenang saja, opsi pendapat dalam obrolan tersebut dienkripsi end-to-end. Sehingga, tidak ada yang dapat melihat konten tersebut, bahkan WhatsApp atau Meta pun tidak bisa melihatnya.

Tak hanya pengguna Android ataupun iOS, pengguna dari WhatsApp Web atau WhatsApp desktop juga bisa mendapat dan menggunakan fitur yang satu ini.

Cara Membuat Poll WA Bagi Pengguna Android

Bagi kamu pengguna android yang ingin menjajal fitur ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih salah satu grup yang ingin dibuatkan polling.
  3. Klik logo penjepit kertas  atau Attachment.
  4. Pilih ikon diagram yang bertuliskan “Poll“.
  5. Tuliskan pertanyaan yang ingin diajukan beserta pilihan jawabannya.
  6. Klik ikon “Send” di bagian sisi kanan bawah.
  7. Setelah polling terkirim dan ada peserta yang mulai memberikan jawaban, pembuat poll dapat mengetuk tulisan “View Votes”.
  8. Di laman tersebut nantinya akan muncul rincian data dari siapa yang memilih jawaban yang disediakan beserta jumlah jawaban yang sudah dipilih.

Cara Membuat Poll WA Bagi Pengguna iOS

Bagi kamu pengguna iOS yang ingin menjajal fitur ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. tentunya langkah-langkah ini sedikit berbeda dengan pengguna Android.

  1. Buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Buka percakapan baru, baik itu itu individu ataupun grup.
  3. Klik ikon (+) di sisi kiri bawah.
  4. Pilih “Poll”.
  5. Masukkan pertanyaan di kolom Question.
  6. Klik ikon “Send” di bagian sisi kanan bawah.
  7. Setelah terkirim dan ada peserta yang mulai memberikan jawaban, pembuat poll dapat mengetuk tulisan “View Votes”.
  8. Di laman tersebut nantinya akan muncul rincian data dari siapa yang memilih jawaban yang disediakan beserta jumlah jawaban yang sudah dipilih.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar dapat membuat polling di WhatsAppmu. Namun untuk pembuat poll, tidak dapat meng-edit kembali polling tersebut seperti menambahkan opsi jawaban baru. Untuk bisa meng-edit kembali, pembuat harus kembali membuat ulang polling-nya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru