BARU! Instagram Luncurkan Fitur Penjadwalan “Schedule Post”

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kali ini Instagram meluncurkan fitur terbarunya, yakni Schedule Post Fitur berfungsi untuk mengatur penjadwalan konten yang akan diunggah.

INDIFFS.COM – Baru-baru ini Instagram luncurkan fitur terbarunya, yakni fitur Schedule Post atau penjadwal unggahan. Penggunaan fitur ini hanya untuk akun profesional dan konten kreator secara global dan akan dilakukan secara berkala mulai minggu ini.

Instagram juga secara khusus mengumumkan fitur ini melalui akun twitter resminya, @instagram. Yang mana, pengguna bisa menjadwalkan foto, carousels, dan Reels langsung di aplikasi, hingga 75 hari sebelumnya.

Kehadiran fitur ini, kreator konten tak perlu repot lagi menggunakan aplikasi penjadwalan pihak ketiga ketika mengunggah konten di Instagram. Yang mana, fitur ini bertindak sebagai tools penjadwalan bawaan dari Instagram. Tidak lain, memiliki fungsi untuk mengatur waktu kapan konten harus diunggah (upload).

Namun sayangnya, tidak semua pengguna mendapatkan fitur ini. Fitur penjadwalan postingan ini juga hanya ditujukan untuk akun bisnis dan konten kreator, yang sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan untuk akun pribadi, belum ada informasi tentang apakah pengguna biasa akan mendapatkan fitur terbaru ini.

Cara Menjadwalkan Konten dengan Fitur Schedule Post Instagram

Untuk mengakses fitur ini, pengguna yang memenuhi syarat harus membuka “Advanced Settings“. Setelah membuat postingan mereka dan sebelum membagikannya. Dari sana, mereka dapat mengaktifkan “Schedule this post” dan pilih waktu dan tanggal yang mereka inginkan untuk ditayangkan.

Adapun langkah lengkapnya ialah sebagai berikut:

  • Pilih konten yang ingin diunggah seperti biasa.
  • Tambahkan caption, hashtag, lokasi, dan informasi tambahan lain yang diperlukan.
  • Sebelum klik “Share“, pengguna harus klik menu “Advanced settings” di paling bawah layar.
  • Klik toggle “Schedule this post”.
  • Pengguna tinggal memilih waktu yang diinginkan untuk kontennya di-upload.
  • Bila sudah, klik “Set time”.
  • Terakhir, klik “Schedule”.

Dengan begitu, konten sudah dijadwalkan untuk diunggah dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Terlebih, pengguna juga bisa mengelola konten yang terjadwal dengan mengakses “Profile” > menu “more”.

Tak hanya itu, Instagram juga telah meluncurkan “Pencapaian” dalam reels. Yang mana, kreator bisa membuka pencapaian terkait tindakan tertentu saat membuat reels. Seperti berkolaborasi dengan kreator lain, terlibat dengan komunitas mereka dengan membuat gulungan lebih interaktif.

Bahkan, bisa membuat lebih dari satu reels dalam seminggu atau menggunakan audio dan efek yang sedang tren. Dengan ini, pembuat konten kreator akan diberi tahu ketika telah membuka pencapaian setelah menerbitkan reels mereka.

Demikian informasi yang kami dapatkan mengenai fitur terbaru yang diluncurkan dari Instagram. Semoga membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru