Baru Mulai Menabung? Inilah Tips Jitu Menabung yang Efektif

Avy Elshanda 0 Komentar

Menabung merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan jika Anda ingin sepat dalam menambah aset yang diinginkan.

IndiffsMenabung merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan jika Anda ingin cepat dalam menambah aset yang diinginkan. Namun, dalam prosesnya terkadang kita sering menemui godaan yang membuat periode dan nomimal menabung kita meleset dari target atau bahkan terbengkalai.

Nah, supaya Anda lebih konsisten dalam menabung, Indiffs akan memberikan tips supaya jitu dan efektif:

1. Tetapkan Tujuan untuk Menabung

Tips yang pertama adalah menentukan tujuan menabung Anda. Apakah Anda ingin menggunakan tabungan untuk menyisihkan dan cadangan atau ingin membeli barang sesuatu yang tidak bisa dibeli untuk saat itu juga.

Pastikan tujuan Anda jelas dan tidak berurusan dengan tujuan lainnya. Jika perlu, Anda bisa membuat beberapa tabungan sekaligus.

2. Tentukanlah Batasan Waktu dan Jumlah Dana Tabungan

Tips menabung selanjutnya yaitu menentukan batasan waktu dan jumlah dana yang ingin ditabung. Misalkan, Anda ingin membeli baju seharga Rp300.000,00, maka tentukan batasan waktu menabung sesuai kemampuan. Dan jangan lupa, seimbangkan juga dengan kebutuhan sehari-hari.

3. Jangan Berhutang

Hutang adalah cara cerdas untuk mengubur kesehatan keuangan Anda. Maka dari itu, menabunglah supaya memiliki dana cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Pilihlah opsi hutang jika memang Anda benar-benar terdesak. Pastikan juga untuk bisa mencicil hutang di masa yang mendatang.

4. Prioritaskan untuk Melunasi Hutang

Hutang itu bisa mengacaukan masalah keuangan Anda, bahkan bisa jadi menghancurkan rencana di masa depan. Oleh sebab itu, prioritaskanlah sebagian pendapatan Anda untuk melunasi hutang.

karena, untuk membayar hutang harus menjadi prioritas pertama daripada membeli aset yang menjanjikan sekalipun. Melunasi hutang bertujuan untuk menjaga rencana keuangan ke depan tidak terganggu.

Misalnya, Anda punya lebih dari satu cicilan hutang Anda bisa membayar hutang dengan bunga yang tertinggi terlebih dahulu. Supaya hutang menjadi cepat lunas, Anda juga bisa mencari pekerjaan sampingan atau menjual aset.

5. Mengikuti Arisan

Bergabung dalam arisan menjadi salah satu tips menabung yang cukup jitu. Dengan melalui arisan, Anda akan dipaksa untuk menyisihkan uang setiap bulannya. Layaknya seperti sedang menabung.

Selain sebagai sarana menabung, Anda juga bisa memanfaatkan arisan untuk belajar mengatur keuangan. Apalagi jika ada teman arisan yang seorang pengusaha, Anda juga berkesempatan untuk mempelajari bisnis.

6. Bawa Bekal Makan

Cara jitu lainnya untuk menabung adalah dengan mengurangi biaya pengeluaran, termasuk urusan perut. Bukan berarti Anda tidak bisa makan, melainkan dapat mengurangi jajan diluar yang cenderung menguras biaya tinggi.

Biaya yang mungkin dikeluarkan untuk makan siang berkisar Rp20.000,00 hingga Rp30.000,00 untuk sekali makan. Terlebih jika lembur kerja, Anda harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli makanan di sore hari. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk membawa bekal makanan dari rumah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru