Beberapa Mitos Dibalik Keindahan Danau Toba

Admin 0 Komentar

Danau Toba yang terkenal akan keindahan alam yang membentang berkilo-kilo meter. Ternyata menyimpan beberapa mitos tersembunyi, Selengkapnya!

Indiffs – Saat ini sedikit sekali orang yang tidak mengenal tentang tempat yang satu ini, ya Danau toba. Bahkan buku-buku sejarah banyak sekali yang menjelaskan tentang danau toba, dan dipelajari oleh sebagian siswa. Danau yang terletak di tengah pulau sumatera ini dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan dengan keindahan alamnya yang membentang panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer ini. Ternyata menyimpan beberapa mitos-mitos di dalamnya lho.

Inilah beberapa mitos yang terkait dibalik keindahan danau toba:

Naga Penghuni Toba

Masyarakat daerah tersebut mempercayai keberadaan naga tersebut merupakan anak dari pria bernama Toba yang berubah menjadi seekor naga yang hingga kini menjaga danau tersebut. “Itu saya pernah dengar mitos nya. Katanya nelayan-nelayan di sekitar sini sering lihat keberadaannya di bawah air, tapi masih belum bisa dibuktikan kebenarannya,” kata bona salah satu warga daerah tersebut yang di kutip dari cnn indonesia.

Ikan Mas Raksasa 

“Ikan tangkapan tersebut bisa berbicara dan memohon kepada laki-laki itu agar tidak dimasak. Ikan itu kemudian juga bisa berubah menjadi putri yang sangat cantik. Pria bernama Toba itu lantas menikahi putri cantik jelmaan ikan mas tersebut. Namun, putri itu menyampaikan satu permintaan yang harus dipatuhi oleh Toba, yakni tak boleh ada yang tahu soal asal usulnya. Kemudian, dari pernikahan tersebut, mereka memiliki putra yang diberi nama Samosir. Suatu hari, Samosir diminta mengirimkan makanan untuk ayahnya yang sedang bekerja di ladang. Namun, di tengah jalan, makanan yang dibawa itu malah dimakan oleh Samosir. “Bapaknya kemudian tahu bahwa makan siang itu dimakan sama anaknya. Marah lah si bapaknya ini sambil membentak, ‘Dasar kau anak ikan’,” ujar Dedi. Tobatak sadar ia telah melanggar sumpahnya. Seketika langit gelap dan hujan deras, air juga keluar dari bawah tanah yang membuat perkampungan terendam. Di saat bersamaan, Putri dan Samosir tiba-tiba hilang saat perkampungan terendam.” Dikutip dari CnnIndonesia.

Berdasarkan kisah itulah , masyarakat sekitar percaya bahwa Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan perwujudan siluman ikan dan putranya tersebut. Ya, itulah salah satu mitos nya yang masih belum tau kebenarannya.

Begu Ganjang

Begu Ganjang ini merupakan salah satu mahluk mistis yang katanya menempati danau toba tersebut. Masyarakat sekitar percaya terhadap Begu Ganjang itu merupakan mahluk yang tinggi dan berambut panjang serta kerap disebut jika ada fenomena dianggap aneh, semisal warga yang tiba-tiba sakit atau meninggal mencurigakan.

Bahkan Salah satu warga daerah tersebut mengatakan bahwa ada dua versi mitos Begu Ganjang. Pertama, Begu Ganjang disebut sebagai hantu yang digunakan oleh orang yang memiliki ilmu hitam untuk guna-guna atau santet. Mitos lainnya juga, Begu Ganjang disebut sebagai sosok penjaga kebun jeruk milik warga. Dari cerita salah satu warga daerah, banyak warga yang memiliki Begu Ganjang untuk menjaga jeruk milik mereka.

Batu Gantung Menangis

Batu Gantung Menangis merupakan salah satu ciri khas wisata di Danau Toba. Lokasi tepatnya berada di Tepi Danau Toba, Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun. Sebetulnya Batu Gantung merupakan fenomena panorama berupa pahatan bebatuan yang menggantung di tepian Danau Toba.

Namun, di balik itu ada mitos yang menyelimuti fenomena Batu Gantung. Salah satu warga asli Parapat menceritakan bahwa mitos Batu Gantung bermula dari cerita seorang gadis bernama Seruni yang dipaksa dijodohkan oleh orang tuanya. Gadis itu menolak dijodohkan, karena sudah memiliki pria idamannya. Kemudian ia memutuskan untuk bunuh diri dengan cara melompat dari tepi jurang Danau Toba. “Putri itu tadinya mau dinikahkan sama orang tuanya, tapi dia enggak mau, jadi dia bunuh diri sama anjingnya,” kata Selena saat menceritakan mitos Batu Gantung. Seruni saat itu memutuskan untuk terjun dari tepi jurang Danau Toba bersama anjing kesayangannya. Namun, ketika melompat rambut Seruni tersangkut di ranting pohon. Hal itu membuatnya Seruni bergantung di pepohonan bersama anjingnya, yang kemudian dikenal menjadi Batu. Dikutip dari cnnindonesia.

Itulah beberapa mitos terkait danau toba yang terkenal akan keindahan alamnya, Namun menyimpan beberapa mitos tersembunyi di dalamnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru