Begini 10 Cara Mudah Cek iPhone Asli atau Palsu, Jangan Keliru!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Cara cek iPhone asli ini wajib diketahui sebelum kamu memutuskan untuk membeli. Pasalnya kini marak ditemuai iphone KW yang hampir mirip.

INDIFFS.COM – Cara cek iPhone asli atau palsu ini sangat wajib diketahui bagi kamu yang berencana untuk membelinya. Hal ini dilakukan, agar kamu tidak akan tertipu oleh oknum tertentu.

Pasalnya di era digital ini, minat orang terhadap iPhone semakin tinggi. Sehingga, membuat beberapa oknum mereparasi iPhone lama jadi baru hingga membuat replikanya yang super mirip.

Apalagi jika kamu membeli iPhone bekas murah yang mempunyai risiko yang cukup besar. Untuk itu, jangan sampai iPhone yang kamu beli ternyata replika alias palsu.

Nah, agar tidak keliru simak beberapa cara dibawah ini untuk membedakan Iphone yang asli dengan yang palsu.

Cara Cek iPhone Asli dan Palsu

Agar tidak curiga lagi, kamu bisa ikuti delapan cara mudah untuk mengecek apakah iPhone tersebut palsu atau asli. Cara ini bisa digunakan untuk mendeteksi iPhone palsu di banyak tipe, mulai dari iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone X, dan lainnya.

1. Periksa Nomor IMEI

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan memeriksa nomor IMEI pada iphone. Karena umumnya semua HP pasti memiliki nomor IMEI, termasuk iPhone.

Tentu, ini menjadi salah satu cara termudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah perangkat iPhone asli atau palsu. Namun, jika tidak ada IMEI atau nomor seri, kemungkinan besar iPhone tersebut palsu.

2. Memeriksa Material Fisik dengan Cermat

Sering kali ditemuai bahwa iphone palsu memiliki bentuk dan desain yang sedikit berbeda dari model aslinya. Untuk itu kamu harus benar-benar memperhatikan tampilan fisik iPhone-nya dengan cermat dan teliti.

Periksanya juga material bahan yang digunakan, pasalnya smartphone besutan Apple menggunakan material premium yang tidak sama dengan smartphone lain. Tak hanya itu, jenis materialnya juga sangat kuat dan kokoh dalam genggaman tangan pengguna.

3. Periksa dengan iTunes

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek iphone tersebut asli atau bukan ialah dengan memerikasa menggunakan iTunes. Seperti kita ketahui, bahwa iTunes merupakan aplikasi wajib untuk memasukan lagu, video, dan file lainnya ke dalam iPhone.

Nah, apabila itunes tidak bisa membaca ponsel iphone tersebut bisa kamu curigai bahwa iphone tersebut palsu. Namun, jika terhubung, sudah dipastikan berarti itu iPhone asli.

4. Memeriksa Warna Persentase Baterai

Untuk bisa mengetahui apakah iPhone tersebut asli atau palsu bisa dengan cara melihat battery percentage color atau warna persentase baterainya. Pasalnya, iPhone yang original memiliki warna putih untuk persentase baterainya yang berada di home screen.

5. Adanya Dukungan App Store

Menjadi suatu hal yang lumrah, apabila produk smartphone besutan apple memiliki app store. Hal ini karena, smartphone lainnya seperti android menggunakan google play store.

Jadi, teruntuk kamu yang berencana membeli iPhone, pastikan di dalamnya memiliki apple store. Pasalnya jika iPhone tersebut palsu kemungkinan tidak memiliki App Store melainkan digantikan oleh Google Play store.

6. Tombol Screenshoot

Perlu diperhatikan bahwa iPhone yang asli ketika mengambil screenshot diperlukan menekan tombol home dan lock. Apabila iPhone tersebut tidak bisa mengambil screenshot dengan cara yang sama, perlu diketahui itu merupakan iPhone palsu.

7. Iphone Palsu Tidak Menggunakan Retina Display

Perlu kamu ketahui bahwa, retina display ini merupakan bagian teknologi dari produk-produk Apple yang mulai diperkenalkan pada iPhone 4. Untuk tampilan layar retina display sendiri, sangat jernih dan halus karena memiliki resolusi tinggi.

Tentunya, retina display ini hadir pada HP iPhone yang asli. Sementara, iPhone palsu tidak menggunakan retina display. Jadi, perlu diwaspadai jika iPhone yang kamu beli tidak menggunakan retina display dan kemungkinan itu adalah palsu.

8. Periksa Garansi iPhone

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa iPhone yang kamu miliki asli atau palsu ialah dengan memeriksa garansi iPhone tersebut. Agar dapat mengetahui garansi, yang kamu butuhkan ialah hanyalah nomor IMEI.

Nah, setelah mengetahui nomor IMEI, kamu bisa cek melalui situs https://checkcoverage.apple.com/us/en/. Nantinya, jika iPhone yang kamu beli asli, bakal muncul informasi seperti model iPhone, masa garansi yang tersedia, dan lain-lain. Namun, jika tidak kamu perlu lebih berhati-hati.

9. iPhone Asli Tidak Memiliki Slot Memori Eksternal

Perlu kamu ketahui bahwasannya iPhone yang asli tidak diberi slot microSD. Hal ini karena iPhone selalu mengeluarkan varian memori internal 256GB. Tentu ini merupakan kapasitas penyimpanan yang sangat besar bagi sebuah smartphone.

Itulah mengapa, Apple merasa bahwa memori internal yang diberikan sudah cukup untuk menyimpan berbagai data penggunanya tanpa memberikan slot memory lainnya. Jadi, aabila kamu menemukan iPhone yang memiliki slot memori eksternal, itu artinya kamu harus waspada bahwa iPhone tersebut adalah palsu.

10. Cek Keyboard

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa iPhone yang digunakan asli atau palsu ialah dengan mengecek keyboard atau papan ketiknya. Perlu diketahui bahwa, iPhone original memiliki tulisan “space” atau “spasi” pada bar spasinya, juga ada emoji di sebelah kiri sebelum bar spasi.

Sementara iPhone palsu biasanya tidak memiliki tulisan “space” pada bar spasinya, dan yang palsu memiliki tombol koma dan bukan langsung bar emoji. Jadi, ini sangat perlu kamu ketahui agar tidak keliru.

Nah, itulah beberapa cara cek untuk mengetahui iPhone asli atau palsu. Tentunya, kamu sebagai konsumen perlu lebih teliti lagi ketika memeriksa dan menentukannya. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru