Beragam Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Hannii 0 Komentar

Ada banyak manfaat kuning telur untuk kesehatan karena kayanya kandungan nutrisi di dalam kuning telur tersebut. Yuk, simak di bawah ini!

Indiffs – Telur adalah salah satu bahan makanan yang sering di konsumsi. Ada berbagai cara mengolah telur ataupun hidangan telur yang dapat ditemui di berbagai penjuru dunia. Telur sendiri adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi, termasuk yang terkandung di dalam kuning telur. Ada banyak manfaat kuning telur untuk kesehatan karena kayanya kandungan nutrisi di dalam kuning telur tersebut.

Meskipun ada banyak manfaat kuning telur, sebagian orang takut untuk mengkonsumsi nya. Kuning telur, dan telur secara keseluruhan, dianggap sebagai makanan yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Mengutip dari situs Healthline, 2 butir telur (sekitar 100 gram) mengandung sekitar 411 mg kolesterol. Tingginya kandungan kolesterol ini membuat sebagian orang menghindari untuk mengkonsumsi telur untuk menjaga kadar kolesterol dan kesehatan.

Meskipun demikian, tingginya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam telur dan banyaknya manfaat kuning telur bagi kesehatan membuat telur baik untuk dikonsumsi. Anda hanya perlu untuk membatasi konsumsi telur untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin bisa ditimbulkan akibat mengkonsumsi telur berlebihan.

Kandungan Gizi

Kandungan nutrisi kuning telur bergantung pada ukuran, pengolahan telur, serta spesies asalnya.

Nilai gizi kuning telur juga sangat bervariasi tergantung pada persiapan nya. Misalnya, memasak telur utuh dalam minyak dapat menggandakan atau bahkan melipatgandakan kandungan lemak dan kolesterol dari hidangan telur.

Namun, menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, kuning telur mentah menyediakan beberapa nutrisi seperti:

  • Air: 49.4 g
  • Energi: 355 Kal
  • Protein: 16.3 g
  • Lemak: 31.9 g
  • Karbohidrat: 0.7 g
  • Kalsium: 147 mg
  • Fosfor: 586 mg
  • Besi: 7.2 mg
  • Kalium: 107.5 mg
  • Seng: 2.5 mg
  • Beta-Karoten: 63 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0.27 mg

Kuning telur mengandung setidaknya 7 mineral esensial seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan seng.

Kuning telur juga sumber vitamin yang berlimpah, terutama vitamin yang larut dalam lemak dan air. Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan nutrisi yang lebih tinggi, kamu bisa mengonsumsi telur bebek, puyuh, angsa, atau kalkun.

Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Membantu menjaga kesehatan jantung adalah manfaat kuning telur bagi kesehatan yang berikutnya. Berbagai kandungan nutrisi, mineral, dan vitamin yang terkandung di dalam kuning telur bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular.

Meskipun tidak ada hubungan langsung antara kuning telur dan penyakit jantung, akan tetapi kandungan kolin yang terdapat di dalam kuning telur bisa membantu tubuh untuk mengatur fungsi kardiovaskular. Selain itu, kuning telur juga dipercaya bisa membantu mengendalikan tekanan darah supaya tetap normal.

Mencegah Batu Ginjal

Manfaat kuning telur yang selanjutnya ialah membantu mencegah batu ginjal. Kuning telur dipercaya dapat membantu tubuh untuk melindungi kandung kemih dan mencegah terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh munculnya kristal-kristal seperti batu di ginjal yang bisa mengalir ke saluran kencing. Kristal-kristal ini terbentuk dari endapan berbagai meneral yang tersisa di dalam tubuh dan tidak bisa dibuang dalam urin karena kurangnya cairan dalam tubuh.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kuning telur yang selanjutnya ialah untuk membantu menjaga kesehatan mata manusia. Kuning telur meiliki kandungan antioksidan zeaxanthin serta lutein yang tinggi. Kedua jenis antioksidan ini memberikan manfaat bagi kesehatan mata. Kandungan antioksidan ini mampu membantu menjaga supaya mata kita tetap sehat dan mencegah berbagai penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain zeaxanthin dan lutein, kuning telur juga mengandung karotenoid yang juga bertindak sebagai antioksidan. Kandungan ini membantu kita untuk melindungi mata dari radikal bebas yang bisa merusak retina mata. Kerusakan pada retina bisa menyebabkan menurunnya fungsi mata dan menyebabkan menurunnya kemampuan penglihatan pada seseorang.

Mencegah Pembekuan Darah

Manfaat kuning telur bagi kesehatan yang selanjutnya ialah untuk mencegah pembekuan darah. Kayanya kandungan nutrisi yang terdapat pada kuning telur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mampu membantu mencegah pembekuan darah di dalam tubuh.

Ada banyak hal yang bisa menyebaban pembekuan darah, salah satunya ialah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok hingga penggunaan pil KB bisa menyebabkan pembekuan darah pada tubuh. Mengkonsumsi kuning telur dalam jumlah secukupnya serta menerapkan pola hidup yang sehat bisa membantu kita untuk menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah.

Baik Untuk Tulang dan Gizi

Salah satu manfaat kuning telur yang lainnya ialah baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Telur kaya akan kandungan berbagai nutrisi dan vitamin. Salah satu vitamn yang terkandung di dalam kuning telur ialah vitamin D.

Kayanya kandungan vitamin D pada kuning telur bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, vitamin ini juga baik untuk kesehatan otot dan dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Membantu Meningkatkan Kolesterol Baik

Manfaat kuning telur yang selanjutnya ialah membantu meningkatkan kolesterol baik. Kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi. Akan tetapi, kandungan kolesterol dalam kuning telur tidak hanya kolesterol jahat yang buruk bagi kesehatan saja.

Kuning telur juga kaya akan kandungan kolesterol baik (HDL). Kolesterol baik ini memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Kolesterol baik bisa membantu mengurangi risiko berbagai penyakit seperti strok dan penyakit jantung.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru