Berikut Perbedaan Kanker dan Tumor, Jangan Sampai Keliru!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Mungkin tumor dan kanker ini sering kali dianggap sebagai dua masalah kesehatan yang sama, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang jauh.

INDIFFS.com – Cenderung orang sering keliru antara kanker dan tumor, dan ini terjadi pada kebanyakan orang. Tapi menurut medis jelas ini memiliki perbedaan, yang dimana tumor belum tentu kanker, namun kanker merupakan jenis tumor yang sangat mengancam.

Mungkin keduanya ini sering kali dianggap sebagai dua masalah kesehatan yang sama. Padahal terdapat perbedaan jika dilihat dari jauh.

Berikut perbedaannya yang perlu diketahui:

1. Dilihat dari Segi Definisi

Tumor merupakan benjolan yang muncul akibat sel-sel tubuh tumbuh secara berlebihan. Kondisi ini terjadi ketika sel lama yang seharusnya mati masih terus bertahan hidup, sementara pembentukan sel-sel baru terus terjadi. Tumor ini dapat bersifat jinak atau pun ganas.

Sedangkan kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal (tidak normal) yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal inilah yang dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain, sehingga dalam kata lain ini bisa di sebut tumor ganas. Bahkan penyakit ini sering menyebabkan kematian.

2. Keduanya Tidak Bersifat Sama

Penting diketahui bahwa tidak semua penyakit ini bersifat sama. Terdapat tumor jinak dan terdapat pula yang ganas, yang ganas ini lah yang terbentuk dari sel sel sehingga memicu terjadinya kanker pada tubuh. Sama seperti semua tumor yang tidak bersifat kanker, dan kanker juga tidak ditandai dengan pertumbuhan tumor. Misalnya, dalam kasus kanker darah, tidak ada tumor yang terlibat. Namun, pada munculnya tumor, menjadi sangat penting untuk mengetahui, termasuk pada tumor ganas atau jinak. Pertumbuhan sel ganas inilah yang berkembang menjadi kanker.

3. Dilihat dari Segi Bentuk Jenis Penyakit

Dengan mengetahui bentuk jenis penyakit ini, kamu dapat membedakan penyakit antara keduanya.

Tumor:

  • Tumor tulang
  • Tumor otak
  • Tumor pankreas
  • Tumor kulit
  • Tumor lipoma

Kanker:

  • Kanker paru-paru
  • Kanker usus besar
  • Kanker korpus
  • Kanker kandung kemih
  • Kanker darah
  • Kanker hari
  • Kanker ginjal
  • Kanker rahim

4. Pengobatan yang Dijalani

Perbedaan selanjutnya yang akan menentukan terhadap penyakit tersebut apakah tumor atau kanker ialah dengan pengobatan yang dijalaninya. Tidak semua tumor mengancam jiwa, bahkan jika tumornya jinak, pihak medis akan merekomendasikan pengangkatannya melalui pembedahan. Tergantung pada kondisi dan ukuran penyakit nya, operasi ini bisa relatif mudah atau mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan bagi pasien untuk sembuh. Penyakit ini biasanya dihilangkan dengan prosedur operasi atau ablasi (mengangkat tumor dengan energi dingin atau panas).

Jika tumor berada di lokasi yang sulit dijangkau, dokter mungkin akan merekomendasikan embolisasi, yakni menghentikan aliran darah ke tumor sehingga tumor perlahan menyusut dan mati.

Sementara pengobatan kanker akan jauh lebih kompleks. Biasanya melakukan pengangkatan tumor yang ganas, dan pasien harus menjalani kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, atau terapi hormon.

Demikianlah perbedaan antara tumor dan kanker yang wajib diketahui, jangan keliru lagi ya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru