Bikin Speechless! 6 Fakta Menarik Pulau Bali Yang Mengagumkan

Admin 0 Komentar

Simak berikut beberapa fakta menarik di Pulau Bali yang jarang diketahui, tentunya fakta-fakta ini akan kan membuat kamu speechless.

INDIFFS.COM – Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya. Hal ini karena Bali memiliki keistimewaan yang kaya akan keindahan alamnya. Namun, selain menyimpan banyak tempat wisata, Pulau Bali juga menyimpan beberapa fakta menarik yang masih jarang diketahui masyarakat.

Fakta Menarik Pulau Bali

Untuk itu, simak berikut beberapa fakta unik di Pulau Bali, yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahui.

1. Terdapat Patung Tertinggi di Indonesia

Patung Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana – Kompas

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) terletak di bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, hasil karya pematung terkenal Nyoman Nuarta dan diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada bulan September 2018 yang lalu.

Ini menjadi menjadi patung tertinggi yang ada di Indonesia, dimana patung ini dibangun setinggi 121 meter dan terletak di atas lahan seluas sekitar 60 hektar. Pembangunan patung ini memakan waktu selama 28 tahun.

Tak hanya itu, patung ini juga menjadi patung tertinggi kedua di dunia dan mengalahkan patung Liberty, Amerika Serikat.

2. Terdapat Tol Terapung Pertama di Indonesia

Tol Bali Mandara

Tol Bali Mandara – Kintamani.id

Siapa sangka di Pulau Bali terdapat tol terapung pertama yang berada di Indonesia, nama tol tersebut ialah tol Bali Mandara. Tol tersebut terbentang sepanjang 12,7 kilometer diatas permukaan laut.

Jalan tol Bali Mandara tersebut menghubungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua. Tol ini menjadi tol pertama di Pulau Bali, dan tol terapung pertama di Indonesia.

Uniknya dari tol ini ialah memiliki jalur untuk sepeda motor di sisi kiri dan kanan. Adapun pembangunan tol ini dibangun pada bulan Maret 2012 dan selesai sekitar bulan Mei 2013 lalu.

3. Daerah yang Memiliki Hari Libur Terbanyak di Indonesia

Ritual Bali

Ritual Bali – Kompas

Fakta menarik selanjutnya ialah Daerah Pulau Bali ini memiliki hari libur terbanyak di Indonesia. Hal ini karena bersifat fluktuatif yang dimana disesuaikan dengan kegiatan ritual keagamaan umat Hindu.

Adanya hari libur tersebut ialah sebagaimana yang ditentukan oleh pemerintah pusat. Hal ini juga ditetapkan melalui Surat Edaran Gubernur Bali tentang Hari Libur Lokal, Nasional dan Cuti Bersama. Setiap tahun pemerintah setempat akan mengeluarkan surat edaran mengenai hari libur fluktuatif sebagai pedoman bagi masyarakat setempat.

4. Dinobatkan Sebagai Pulau Terbaik Selama 12 Tahun Berturut-turut

Pulau Terbaik

Pulau Terbaik – Phinema

Pulau Bali menjadi Pulau yang sangat terkenal di Mancanegara, maka dari itu tak heran jika pulau ini meraih banyak penghargaan. Diantaranya ialah dinobatkan sebagai pulau terbaik oleh DestinAsian Readers Choice Award (RCA) selama 12 tahun berturut-turut.

Penghargaan tersebut terjadi pada 2017, dan keren nya lagi di majalah populer Travel and Leisure juga menobatkan Bali sebagai pulau tujuan wisata terbaik pada tahun 2017. Pada saat itu, Bali menempati posisi kedua sebagai pulau wisata terbaik dalam Survey World’s Best Awards 2018.

5. Desa Panglipuran di Bali Mendapat Predikat Desa Terbersih di Dunia

Panglipuran Bali

Panglipuran Bali – iNews

Desa Panglipuran memiliki luas 112 hektar area rumah penduduk, 49 hektar area ladang dan 37 hektar area hutan bambu. Daerah desa ini merupakan salah satu desa terindah di Indonesia, dan pernah mendapatkan predikat sebagai desa terbersih di dunia. Jika kamu mengunjungi desa ini pasti menyajikan tempat yang alami dengan suasana yang tenang dan asri.

6. Memiliki Puluhan Stasiun Pengisian Air Minum Gratis

Stasiun Pengisian Air

Stasiun Pengisian Air – TripZilla Indonesia

Fakta menarik selanjutnya Pulau Bali ini mempunyai puluhan stasiun pengisian air minum yang bisa digunakan secara gratis. Hal ini dilakukan agar menjadikan Bali yang lebih bersih sekaligus mengurangi timbunan sampah plastik.

Selain itu, di sana juga terdapat sebuah kelompok pendukung keberlanjutan menginisiasi gerakan bernama Refill My Bottle. Refill My Bottle menyediakan stasiun pengisian air minum bagi para wisatawan. Saat ini, telah ada lebih dari 30 stasiun isi ulang yang tersebar hampir di seluruh penjuru Bali.

Itulah beberapa fakta menarik yang terdapat di Pulau Bali, tentunya dengan mengetahui beberapa fakta di atas tidak hanya membuatmu bangga tapi juga semakin cinta dengan Indonesia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru