Bill Russell Legenda NBA Tutup Usia, Inilah Beberapa Faktanya

Hani Hnsa 0 Komentar

Pecinta basket dunia berduka seiring kepergian pemain ter sukses sepanjang masa NBA, Bill Russell, pada Minggu (31/7) waktu setempat.

Indiffs – Pecinta basket dunia berduka seiring kepergian pemain ter sukses sepanjang masa NBA, Bill Russell, pada Minggu (31/7) waktu setempat. Russell meninggal dunia dalam usia 88 tahun. Kabar meninggal nya salah satu center terbaik sepanjang masa itu diketahui dari akun Twitter sang legenda.

Penyebab kematian Russell belum terungkap. Keluarganya mengumumkan kematian nya dalam sebuah pernyataan menyentuh yang di posting ke Twitter. Bunyinya: “Bill Russell, pemenang paling produktif dalam sejarah olahraga Amerika meninggal dengan tenang hari ini pada usia 88, dengan istri nya, Jeannine, di sisi nya.”

Pemain yang mampu mendekati rekor Russell adalah Sam Jones, yang merupakan mantan rekan se-timnya di Celtics, dengan 10 gelar NBA. Catatan gemilang dalam karier itu dilengkapi dengan lima kali menjadi Most Valuable Player (MVP) yakni tahun 1958, 1961-1963, dan 1965. Russell juga hanya satu kali tidak terpilih masuk tim All-Star selama karier nya di NBA.

Sepanjang karier nya Russell menoreh-kan rata-rata 15,1 poin dan 22,5 rebound selama 13 musim dari 1956-1969. Catatan itu menunjukkan begitu dominan nya Russell dalam membantu pertahanan.

Setelah pensiun Russell memilih jalan karier sebagai pelatih. Ia tercatat pernah menangani Boston Celtics (1966-1969), Seattle SuperSonics (1973-1977) dan Sacramento Kings (1987-1988). Dalam karier ke-pelatihan nya, Russell dua kali mengantarkan tim nya menjadi juara saat menukangi Celtics tahun 1968 dan 1969.

Berikut profil legenda bola basket dunia, Bill Russell, seperti dilansir dari berbagai sumber, sebagai berikut:

Profil Bill Russell

Bill Russell

Profil Bill Russell – KSL Sport

Memiliki nama lengkap William Felton Russell lahir pada 12 Februari 1934. Ia merupakan putra dari Katie dan Charles Russel Selama awal kehidupannya, Bill Russell berjuang dalam hidupnya saat ia menghadapi beberapa tantangan termasuk masalah kesehatan.

Seperti mendapatkan rasisme yang merajalela di Monroe Barat dan keluarganya pun harus bisa melawan masalah tersebut. Kesehatannya juga sangat mempengaruhi nya karena ia menderita berbagai penyakit.

Ketika Bill Russell usianya 10 tahun, ayahnya memilih untuk bermigrasi bersama keluarganya ke lokasi baru di mana mereka tidak akan mendapatkan hinaan atau perbuatan rasisme.

Ayah dari Bill Russell memutuskan tinggal di Oakland, California, di lokasi tersebut ayahnya bekerja di sebuah kapal. Namun, keluarga Bill Russell mengalami tantangan besar setelah ibunya meninggal dunia pada tahun 1946. Saat itu, Russell baru berusia 12 tahun.

Kehidupan Pribadi

Bill Russell telah menikah tiga kali. Pernikahan pertamanya dengan teman masa kuliah nya yaitu Rose Swisher keduanya telah menjalani hubungan selama 17 tahun dan memiliki tiga orang anak yaitu Karen, Buddha dan Jacob.

Setelah berpisah dengan yang pertama. Bill Russell menikah lagi dengan Dorothy Anstett, namun hubungan nya pun hanya bertahan selama tiga tahun. Sementara pernikahan yang ketiganya bersama dengan Marilyn Nault pada 1996 dan harus berakhir pada 2009.

Fakta Menarik

1. Kulit Hitam Pertama yang Berstatus Superstar NBA

Russell merupakan salah satu pionir bintang kulit hitam NBA bersama Earl Lloyd, Chuck Cooper, dan Sweetwater Clifton. Russell juga menjadi pemain kulit hitam pertama yang menyandang status superstar NBA. Ia kemudian menjadi pelatih-pemain Celtics selama tiga musim (1996-1969) untuk mencatatkan dirinya sebagai pelatih kulit hitam pertama di Amerika Utara yang sukses memenangi gelar.

2. Sepanjang Karier Untuk Celtics

William Felton Russell nama lengkapnya, menghabiskan karier sebagai pemain NBA untuk klub Boston Celtics. Ia membela klub tersebut pada 1956-1969. Sepanjang karier nya, Russell meraih 5 gelar pemain terbaik NBA dan 12 kali NBA All-Star. Dia adalah bagian penting dinasti Celtics merebut 11 gelar NBA selama 13 tahun karier nya.

3. Meraih Penghargaan dari Obama

Pada 2011, Presiden AS Barack Obama menganugerahi Russell Medal of Freedom bersama dengan anggota kongres, John Lewis, miliader Warren Buffet, kanselir Jerman Angela Merkel dan legenda baseball Stan Musial.

4. Aktivitas HAM

Bersama dengan Martin Luther King, Russell adalah pejuang hak asasi manusia di Amerika. Sosok nya adalah penentang keras segala bentuk rasisme dan ketidakadilan. Dikutip dari newyorktimes, ia pernah ikut demonstrasi bersama Luther King Jr untuk gerakan buruh dan kebebasan di Washington pada Maret 1963. Di NBA, Russell meninggalkan ‘legacy’ bagi pemain-pemain kulit hitam.

5. Dibuatkan Patung

Pada 2013, sebuah patung Russell didirikan di Boston City Hall Plaza sebagai penghargaan atas karier dan jasa nya. Pada 1975 Russell harusnya masuk dalam Basketball Hall of Fame. Tapi ia tak menghadiri kegiatan. Ia malah mengatakan bahwa seharusnya bukan dialah orang Afrika-Amerika pertama yang terpilih. (Chuck Cooper, pemain kulit hitam pertama NBA, harusnya yang terpilih).

 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru