Cara Ampuh Menghilangkan Jamur Di Sepatu

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Jamur di sepatu kerap sekali dialami oleh tiap orang. Namun ada beberapa cara untuk menghilangkan jamur pada sepatu kamu lho...

Indiffs –┬áSepatu dengan bahan tertentu khususnya kulit, seringkali berjamur setelah lama disimpan di dalam kotak atau bok dan rak sepatu. Memang sepatu kulit ini gampang berjamur karena tingkat konsentrasi air yang tinggi di udara sekitarnya. Udara lembab itulah yang memicu tumbuhnya jamur di sepatu. Bagaimana cara menghilangkan Jamur di sepatu?

Bagi sebagian orang, membersihkan sepatu kulit yang berjamur mungkin menjadi kegiatan yang tidak gampang dilakukan. Selain perlu ketelitian, membersihkan sepatu kulit juga perlu hati-hati agar kualitasnya tetap terjaga.

Tentu saja bila sepatu tidak dirawat secara rutin, maka akan membuat sepatu cepat rusak karena berjamur. Kalian bisa kok melakukan cara-cara praktis untuk mengatasi dan merawat sepatu yang berjamur tersebut. Dan tentu saja cara ini bisa kalian lakukan sendiri di rumah.

Berikut beberapa cara membersihkan sepatu yang berjamur dengan mudah yang dilansir dari beberapa sumber:

Gunakan Produk Pembersih Khusus Sepatu Kulit

Gunakan produk pembersih kulit ini untuk mengangkat kotoran dari sepatu kulit kamu. Lakukan pembersihan total seminggu sekali atau bersihkan di tempat-tempat tertentu sesuai kebutuhan dengan menggunakan kain pembersih atau sikat sepatu agar sepatumu semakin terlihat bersih.

Gunakan Air dan Cuka Putih

Noda kusam di permukaan sepatu kulit dapat dihilangkan dengan air dan larutan cuka putih. Kamu juga bisa mengatasi sepatu berjamur ini dengan menggunakan air dan cuka. Hal ini karena cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga dapat membunuh jamur pada sepatu. Caranya cukup mudah, kalian bisa memasukkan cuka ke dalam botol yang bisa di semprot. Setelah itu semprotkan cairan cuka pada sepatu yang berjamur secara merata ya, karena jika tida ini akan menimbulkan bekas bercak di sepatu dan biarkan selama semalaman. Atau, kalian bisa menggunakan cuka setelah menggunakan sepatu selama seharian penuh.

Gunakan Minyak Zaitun

Selanjutnya, kamu bisa menghilangkan noda berjamur pada sepatu kamu dengan minyak zaitun. Minyak zaitun ini bisa pula dipakai untuk membersihkan sepatu kulit sekaligus membuat permukaan lebih halus dan lebih cerah. Jika sepatu kulit terlihat kusam dan kotor, pastikan untuk mencoba trik ini. Oleskan beberapa tetes minyak zaitun pada sepatu dan gosok dengan kain bersih yang lembut.

Bedak Bayi

Bedak bayi juga dapat menjadi cara mengatasi sepatu yang berjamur. Sepatu yang berjamur biasanya terjadi karena sepatu yang kita gunakan lembab, dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tetapi dengan menggunakan bedak bayi ini, maka kita kan sedikit mengurangi kelembapan pada sepatu tersebut. Dan membuat sepatu terhindar dari jamur secara berlebihan, juga bau yang tidak sedap.

Menggunakan Alkohol

Cara menghilangkan sepatu berjamur selanjutnya yaitu dengan menggunakan alkohol. Untuk menggunakan alkohol pada sepatu kain harus dengan hati-hati ya, kalian harus memperhatikan takaran alkohol tersebut agar sepatu tidak cepat rusak.

Pertama kalian bisa mencampurkan alkohol pada air, dengan perbandingan satu banding satu. Kemudian tuang campuran alkohol tersebut pada kapas atau kain, dan lap pada sepatu secara perlahan. Jangan terlalu digosok ya, karena ini dapat membuat sepatu rusak.

Setelah itu, keringkan sepatu di depan kipas angin hingga benar-benar kering. Kemudian cuci sepatu dalam 1 ember air dan 1 sendok teh sabun seperti biasa. Setelah itu jemur sepatu di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

Menggunakan Baking Soda

Selain itu juga, kamu bisa menggunakan baking soda lho, dengan campuran cuka. Selain menghilangkan jamur di sepatu ini juga bisa menghilangkan noda kuning yang ada di sepatu. Caranya juga cukup mudah, kalian hanya perlu mencampurkan baking soda dan cuka dengan takaran yang sama. Setelah itu beri sedikit air hangat dan aduk hingga berbentuk adonan pasta. Kemudian gosok bahan itu pada sepatu, dan bilas dengan menggunakan air.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jamur pada kulit sepatu dengan cara yang mudah dan juga praktis. Dan kamu juga bisa melakukannya di rumah, dan jangan lupa juga untuk melakukan perawatan secara rutin agar kulit sepatu kamu tidak mudah berjamur.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru