Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik (E-Meterai), Jangan Tertipu!

Hani Hnsa 0 Komentar

Meterai kini bisa digunakan dalam bentuk elektronik. Karena itu, kamu diimbau untuk cek kembali keaslian meterai elektronik (e-meterai).

INDIFFS.COM – Meterai kini bisa digunakan dalam bentuk elektronik. Karena itu, kamu diimbau untuk berhati-hati serta cek kembali keaslian meterai elektronik (e-meterai).

Pemerintah telah mengeluarkan meterai elektronik atau E-Meterai untuk memudahkan masyarakat membayar pajak atas dokumen. Pasalnya, saat ini pengguna transaksi dokumen elektronik digemari masyarakat.

Meterai elektronik atau e-meterai menjadi salah satu persyaratan administrasi dalam proses pendaftaran PPPK tahun ini. E-meterai nantinya digunakan dalam beberapa berkas pendaftaran.

Melansir website resmi e-meterai.co.id, meterai elektronik adalah meterai yang digunakan khusus untuk dokumen elektronik. Pengguna dokumen elektronik ini sama posisinya dengan dokumen kertas.

Ciri-Ciri Meterai Elektronik Asli

Terdapat beberapa komponen dan ciri khas yang dapat diperhatikan untuk memastikan keaslian e-meterai. Melansir dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri meterai elektronik asli:

  • Memiliki kode unik berupa nomor seri.
  • Terdapat gambar Garuda Pancasila selaku lambang negara.
  • Terdapat tulisan “METERAI ELEKTRONIK”.
  • Angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea meterai, yakni “10000” dan “SEPULUH RIBU RUPIAH”.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 perihal bea materai, dimana menyebutkan materai elektronik merupakan bentuk modernisasi dari penggunaan meterai sebelumnya.

Cara Cek Keaslian E-Meterai atau Meterai Elektronik

Para pengguna meterai elektronik dihimbau agar melakukan validasi setelah melakukan pembelian meterai elektronik untuk memastikan produk yang dibeli adalah asli. Hal ini juga sangat penting dilakukan jika kita menerima dokumen dari pihak yang lain yang terdapat meterai elektroniknya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara cek keaslian meterai elektronik atau e-meterai:

1. Cek dari Peruri Scanner

Cara pertama untuk mengeceknya, kamu bisa memanfaatkan Peruri Scanner. Bagi yang belum tahu, aplikasi ini merupakan terobosan baru dari salah satu perusahaan BUMN Perum Peruri. Kamu bisa mengunduh nya di Play Store atau Appstore.

Sementara itu, dengan aplikasi tersebut, masyarakat bisa memindai e-meterai untuk mengecek keaslian nya. Dengan demikian, serial number, tanggal pembubuhan, dan email pengguna dapat diketahui.

2. Melalui Website Peruri.co.id

Peruri menyediakan website untuk membantu kamu dalam mengecek keaslian dari e-meterai. Untuk itu, kamu bisa mengakses alamat website Peruri.co.id untuk mengecek keaslian meterai.

  • Kunjungi website Peruri di https://verification.peruri.co.id/index.
  • Lalu, upload dokumen yang sudah Anda bubuhi e-meterai di kotak yang sudah disediakan.
  • Klik centang I’m not a robot, lalu selesaikan CAPTCHA yang muncul.
  • Tunggu proses pengecekan berjalan.

3. Acrobat Adobe Reader

Ternyata, mengecek keaslian meterai elektronik atau e-meterai sangat mudah. Kamu tidak perlu menggunakan kaca pembesar untuk mengecek elemen e-meterai yang ada. Cukup menggunakan aplikasi Acrobat Adobe Reader, maka kamu bisa langsung mengetahui keaslian dari meterainya.

  • Download dan install Adobe Acrobat Reader melalui situs resminya.
  • Lalu, buka dokumen yang sudah kamu bubuhkan e-meterai dengan Adobe Acrobat Reader tersebut.

Jika ada tulisan Signed by Meterai Elektronik, bisa dipastikan kalau meterai tersebut asli. Jadi, kamu bisa melanjutkan transaksi dengan rekan bisnis dengan aman tanpa ada rasa khawatir.

Demikian cara cek keaslian meterai elektronik atau e-meterai agar tidak tertipu dengan yang palsu. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru