Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu, Jangan Terkecoh!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Sering bingung bagaimana cara membedakan emas asli atau palsu? Mungkin dengan cara sederhana berikut yang dapat mengatasi perbedaannya.

indiffsPerhiasan emas bukan hanya di jadikan sebagai perhiasan saja emas juga terkadang sering di jadikan tabungan ataupun investasi. Namun tidak sedikit orang juga yang tidak mengenali pasti tentang jenis logam yang satu ini, terkadang juga sebagian orang bisa tertipu karena membeli logam yang di sangka emas ini tapi ternyata emas palsu. Tentunya hal ini sangat merugikan sebelah pihak, karena harga emas ini terbilang mahal. Akan tetapi kamu jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisa membedakan emas asli atau palsu.

Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

Berikut cara yang dapat kamu lakukan agar tidak tertipu dan mengalami kerugian:

1. Memeriksa Warna Emas

Logam yang satu ini tentu semuanya sama memiliki warna emas, namun perlu di perhatikan warna emas yang asli ini berbeda dengan emas yang palsu. Emas yang murni asli ini tidak akan berubah warna seiring waktu, tapi emas yang palsu sedikitnya akan berubah warna dan memudar seiring waktu.

2. Memeriksa Tanda di Dalamnya

Dalam bagian perhiasan ini terdapat yang menunjukkan persentase emas nya. Perhiasan emas asli juga terdapat tulisan berapa jumlah karat didalamnya, berbeda dengan yang palsu mungkin tidak di temukan dan tidak ada jumlah karat di dalamnya.

3. Mencoba untuk Menggosoknya

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam membedakan logam ini ialah dengan cara mengggosokan logam tersebut. Coba gosok emas secara perlahan terlebih dahulu, jika emas asli pada umumnya tidak memiliki tekstur yang kasar. Namun sebaliknya jika logam tersebut palsu akan menimbulkan kerusakan pada media yang di gosokan, seperti kertas misalnya jika kertas tersebut terdapat goresan karena gosokan kasar tersebut berarti dapat di nilai bahwa itu palsu dan begitu pula sebaliknya.

4. Coba untuk Menguji Ukuran dan Berat

Berat dan ukurannya inilah yang dapat membedakan status emas ini, baik asli ataupun palsu. Cara ini juga dapat membantu perbedaan logam tersebut jika emas yang asli itu memiliki berat dan padat. Berbeda dengan emas yang palsu, cenderung akan lebih ringan dan tidak padat. Tapi ini tidak bisa menutup kemungkinan jika berat perhiasan tersebut telah ditambahkan untuk membuatnya tampak lebih besar dan berat (seperti kuningan atau baja).

5. Dekatkan pada Magnet

Emas yang asli tidak akan bereaksi dengan magnet karena memiliki sifat non-magnetik. Sedangkan emas yang palsu cenderung akan menempel pada magnet tersebut karena ini bisa jadi terbuat dari besi misalnya.

Ini merupakan cara yang sederhana namun tidak menjamin karena barang emas asli dapat diikat dengan logam feromagnetik, seperti besi dan nikel. Sebaliknya, emas palsu dapat mengandung logam non-magnetik seperti tembaga dan baja tahan karat.

6. Goreskan dengan Keramik

Hal ini bisa kamu coba agar bisa memastikan logam yang kamu punya itu emas asli atau bukan, karena emas asli pada umumnya jika di goreskan melalui keramik tidak akan menyisakan noda, akan tetapi sebaliknya jika logam yangi esekan pada keramik menyisakan goresan atau noda berarti itu palsu.

7. Tenggelamkan ke dalam Air Botol

Emas yang asli ini memiliki berat dan kepadatan yang cukup berat sehingga jika di masukan ke dalam air botol cenderung akan tenggelam, akan tetapi sebaliknya jika ini palsu kejadian mengambang diatas air tentu bisa di dapatkan.

8. Suara yang Ditimbulkan

Tentunya setiap logam yang dijatuhkan akan menimbulkan suara, namun berbeda jika dengan logam emas asli ini pada saat di jatuhkan suara yang keluarkan nya pun berbeda dan jika kamu mencoba untuk mengetuk-ngetukan suara yang di keluarkan nya akan memberi nada yang tinggi dan lama.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat kamu coba untuk bisa membedakan emas asli atau palsu agar kamu tidak tertipu dalam hal ini. Namun perlu di perhatikan pada saat kamu mencoba melakukan percobaan gosokan pada logam tersebut kemungkinan kecil kerusakan akan terjadi pada logam tersebut. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru