Cara Membuat Creme Bluree yang Mudah, Makanan Khas Prancis!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut cara membuat creme bluree makanan khas prancis dengan memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, membuat menggugah selera!

INDIFFS.COM – Creme Bluree merupakan makanan yang berasal dari prancis, Creme Bluree ini memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa yang manis dan ini sering di jadikan sebagai hidangan penutup atau dessert. Tak jauh beda dengan creme caramel namun, yang membedakan hanyalah lapisan Caramel nya. Penasaran bagaimana cara membuat Creme Bluree ini? berikut resepnya:

Creme Bulree

Creme Bulree

Creme Bulree – Youtube

Berikut beberapa bahan dan cara membuat yang perlu diperhatikan dalam membuat Creme Bluree.

Bahan-Bahan:

  • 2 butir kuning telur
  • 20 gram gula pasir
  • 240 ml susu segar
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sendok teh extract vanilli

Cara Membuat Creme Bluree:

  1. Adapun langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat creme bluree sederhana ialah, masukan 2 butir kucing telur yang telah disediakan bersama gula pasir dan aduk hingga rata sampai benar benar larut.
  2. Selanjutnya yang harus kamu lalukan ialah memasak susu bersama vanili diatas kompor ukuran sedang, masak tidak perlu sampai mendidik cukup sampai muncul buih saja.
  3. Setelah itu, kamu bisa mencampurkan susu yang telah dimasak tadi dengan kuning telur yang telah dilarutkan dengan  gula pasir. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Lalu setelah itu, tahapan yang harus kamu lakukan ialah menyaring adonan tersebut supaya hasilnya lembut. Dan jika sudah kamu bisa menuangkannya ke dalam mangkuk yang tahan panas.
  5. Tahapan selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah, mengukus nya sekitar 40 menit dan bagian atas nya tutup menggunakan kain, dan jangan biarkan ada uap yang menetes masuk kedalam adonan tersebut.
  6. Jika sudah matang, kamu bisa mengangkatnya lalu diinginkan. Dan pada tahapan ini juga kamu bisa taburi dengan gula pasir.
  7. Setelah itu kamu bisa memanaskan punggung sendok dengan api kecil, lalu letakkan di atas creme brulee supaya gula mencair. Pada tahapan ini dilakukan jika kamu tidak memiliki alat bakar melted brown sugar atau blow torch flame gun Pemantik api.
  8. Selanjutnya kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas beberapa saat. Dan Creme Bluree siap di hidangkan.

Cheese Cake Creme Bluree

Cheese Cake Creme Bluree

Cheese Cake Creme Bluree – Taste

Berikut beberapa bahan dan cara membuat yang perlu diperhatikan dalam membuat Cheese Cake Creme Bluree.

Bahan-Bahan:

  • 200 gram shredded wheat biscuits
  • 80 gram margarin atau mentega (Dilelehkan)
  • 250 gram cream cheese
  • 60 gram gula kastor (Atau Gula Halus)
  • 1 Sendok teh parutan kulit jeruk
  • 1/2 Sendok teh ekstrak vanili
  • 2 butir telur
  • 50-70 ml kental manis
  • 1 Sendok makan demerara sugar (Atau Gula pasir)
  • Stroberi secukupnya (Diiris)

Cara Membuat Cheese Cake Creme Bluree:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah, Panaskan oven suhu 150 derajat celsius. 
  2. Selanjutnya kamu bisa menghancurkan biskuit agar bubuk dan tambahkan mentega, dan aduk hingga rata.
  3. Setelah itu kamu bisa memasukan ke dalam loyang yang telah di olesi oleh mentega, lalu ratakan hingga benar benar rata dan simpan di dalam Kulkas selama 20 menit.
  4. Setelah dimasukkan ke dalam kulkas selama 20 menit, kamu bisa memasukan nya ke dalam oven yang telah di panaskan tadi selama 10 menit lamanya. Jika sudah kamu bisa mengangkat nya terlebih dahulu dan diamkan hingga dingin.
  5. Jika sudah buat adonan lain dengan cream cheese, gula, kulit jeruk agar wangi, vanili, gula, serta susu dan aduk hingga rata.
  6. Tuangkan adonan tersebut kedalam loyang yang berisikan mentega serta biskuit tadi, dan panggang kembali selama 20 menit hingga sampai cream cheese tersebut padat.
  7. Jika sudah biarkan dingin terlebih dahulu, dan masukan ke dalam kulkas selama 3 jam sampai benar benar dingin.
  8. Selanjutnya, kamu bisa menaburi gula di atas cheese cake tersebut dan masukan ke dalam oven selama 4 hingga 5 menit atau sampai gula meleleh.
  9. Jika sudah kamu bisa mengeluarkannya di dalam oven, dan diamkan terlebih dahulu setelah itu kamu bisa menaburi Strawberry sebagai toping nya.
  10. Dan cheese cake creme bluree siap di sajikan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru