Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal, Wajib Kamu Tahu!

Admin 0 Komentar

Gagal ginjal adalah kondisi ketika organ vital yang berperan untuk menyaring dan membersihkan darah ini tidak lagi berfungsi dengan normal.

Indiffs – Gagal ginjal adalah kondisi ketika organ vital yang berperan untuk menyaring dan membersihkan darah ini tidak lagi berfungsi dengan normal. Seseorang bisa di anggap memiliki gagal ginjal ketika fungsi ginjal nya kurang dari 15%.

Gagal ginjal salah satunya dapat di deteksi lewat tes darah keratin. Keratin merupakan molekul yang dibuat oleh otot. Ginjal yang normal akan mengeluarkan keratin ekstra dari aliran darah dan membuang nya lewat urine.

Jika kadar keratin dalam darah di atas nilai normal, tanda nya ginjal tidak bisa lagi membersihkan darah sebagaimana mestinya. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, hal itu bisa berdampak signifikan pada organ lain ditubuh. Artinya, seiring dengan perkembangan gagal ginjal, komplikasi lain juga bisa berkembang.

Selain itu, penderita gagal ginjal mungkin harus menjalani perawatan tidak mudah, seperti hemodialisis (cuci darah) maupun tranplantasi ginjal. Sungguh merugikan bukan? Oleh sebab itu, kira nya baik untuk kita dapat mengenali cara mencegah gagal ginjal.

Lakukan Pemeriksaan Rutin Jika Memiliki Penyakit Tertentu

Hipertensi atau diabetes merupakan penyakit yang sering menyebabkan komplikasi berupa penyakit ginjal. Jika kamu memiliki penyakit penyakit tersebut, kamu dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, guna memantau perkembangan kedua penyakit ini dan mencegah penyakit ginjal.ย  Selain itu, saat mengalami hipertensi dan diabetes, pembatasan jumlah konsumsi makanan yang mengandung gula dan garam sangat di sarankan.

Memenuhi Kadar Glukosa

Memenuhi Kadar Glukosa – AloDokter

Jika kamu menderita diabetes, untuk mencapai tujuan glukosa darah yaitu periksa kadar glukosa darah secara teratur. Gunakan hasil untuk mengambil keputusan asupan makanan, aktivitas fisik, dan obat obatan. Mencapai angka kebutuhan kadar glukosa akan membantu melindungi ginjal kamu.

Batasi Alkohol

Batasi Alkohol – AloDokter

Bukan hanya memberikan efek mabuk, konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan tubuh. Menkonsumsi terlalu banyak alkohol juga berisiko terkena kanker dan membuat tekanan darah naik. Kalori ekstra di dalam nya bisa membuat kamu bertambah gemuk dan menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Olahraga Teratur

Olahraga Teratur – Lifestyle Kompas

Dengan rutin berolahraga, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Olahraga adalah gerakan yang membuat otot bekerja dan memaksa tubuh untuk membakar kalori. Lakukan olahraga, seperti berenang, jalan kaki, dan lari. Olahraga tersebut dapat membantu mengurangi stress, mengatasi diabetes, dan tekanan darah tinggi, serta menjaga berat badan yang sehat. Alhasil, kamu akan terhindar dari risiko penyakit ginjal.

 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru