Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Handphone, Ampuh!

Dini NHaH 0 Komentar

Ghost Touch sering dialami oleh pengguna smartphone, terutama bagi kamu yang menggunakan perangkat lawas wajib mengetahui cara mengatasi nya.

indiffs – Layar pada HP (handphoe) saat ini yang kebanyakan berjenis touchscreen, memiliki peran yang cukup vital. Saat terjadi masalah pada layar tersebut, pengoperasian dan navigasi HP bakal terganggu. Namun jangan khawatir, disini terdapat beberapa cara mengatasi ghost touch pada layar handphone.

1. Bersihkan Layar HP

Seperti yang kita tahu, biasanya touchscreen pada smartphone akan sensitif dengan tekanan yang bisa terjadi akibat adanya debu. Bahkan contoh nyatanya saja bisa kamu rasakan ketika layar terkena cipratan air, maka biasanya layar akan langsung membuat ghost touch yang tidak kita inginkan. Nah untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kain yang tidak terlalu berserat hingga memakai alat khusus untuk layar smartphone.

2. Lakukan Restart pada Smartphone

Melakukan restart pada smartphone ini bertujuan agar bisa merefresh penggunaan smartphone android menjadi 0 dan juga agar bisa menstabilkan kembali kinerja smartphone android kamu.

3. Menghentikan Pemakaian Saat HP Terasa Panas

Kebiasaan main game tanpa terkontrol bisa membuat smartphone kita mudah rusak, Mulai dari baterai yang cepat menggembung, IC mesin yang mudah aus, hingga berakibat kerusakan pada layar.

Jadi apabila smartphone kamu sudah menunjukkan tanda-tanda terkena ghost touch, jangan dipaksakan untuk digunakan hingga panas. Batasi waktu main game dan penggunaan harian agar ghost touchnya tidak menyebar, karena jika sudah parah layar akan blank sepenuhnya tanpa bisa kita gunakan lagi.

4. Gunakan Charging Berkualitas Baik

Jika hanya mengalami ghost touch pada ponsel saat sedang mengisi daya, hal terbaik yang dapat di lakukan adalah mengganti pengisi daya lain yang kompatibel. Jika masih memiliki pengisi daya yang sepaket dengan HP kamu, sangat disarankan untuk menggunakannya. Jika tidak, cukup ganti pengisi daya dengan yang baru dari perusahaan terkemuka atau toko resmi.

5. Bersihkan RAM dan CPU

Selanjutnya, ada baiknya kalian harus rajin membersihkan RAM dan CPU untuk mengatasi ghost touch. Apa lagi, jika kalian telah membuka aplikasi berlebihan dan mengakibatkan menjadi cepat panas.

Dan hindari untuk membuka banyak aplikasi, karena membuat performa smartphone akan menurun dan akibatnya hal yang tidak bisa dihindari yaitu ghost touch.

6. Mengatur Ulang Kalibrasi Layar

Nah untuk langkah-langkah kalibrasi ulang pada layar smartphone bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi yang bernama “Kalibrasi Layar Sentuh”.

Silahkan kamu install aplikasi “Kalibrasi Layar Sentuh” di google play store, setelah itu kamu hanya perlu melakukan instruksi yang ada pada aplikasi tersebut hingga proses kalibrasi berhasil. Nah jika proses kalibrasi berhasil maka aplikasi tersebut akan menampilkan nilai kalibrasi. Aplikasi ini juga bisa melakukan kalibrasi pada smartphone yang sudah di lakukan root.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi ghost touch pada layar hp, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru