Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air, Jangan Panik!

Dini NHaH 0 Komentar

Keyboard laptop terkena air bisa jadi membuat panik, bisa jadi salah satu permasalahan yang akan membuat Anda bingung untuk mengatasinya.

INDIFFS .COM – Tak sengaja menumpahkan air yang menyebabkan keyboard laptop terkena air merupakan hal yang paling menyeramkan. Mungkin bukan hanya karena biaya yang harus dikeluarkan karena laptop mati total, namun lebih kepada takut kehilangan data dan juga pekerjaan yang belum terselesaikan.

Jika air masuk ke dalam komponen laptop melalui celah celah yang ada pada keyboard, tentu ini merupakan hal yang cukup berbahaya karena dikhawatirkan membuat keyboard menjadi rusak dan bahkan bisa merambat ke komponen lainnya.

Tetapi Anda tenang saja, karena kali ini Anda akan dikenalkan dengan langkah-langkah untuk mengatasi masalah keyboard yang terkena air. Tips ini, akan sangat berguna karena akan menghindarkan kerusakan pada ada laptop atau perangkat anda.

1. Lepaskan Kabel Charger

Jika laptop di-charge, segera lepas kabel charger-nya. Laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air.

Catatan: jika laptop-mu terkena air saat di-charge dan langsung mati, jangan sambungkan kabel charger ke unit laptop. Dan, jangan coba-coba untuk menyalakan laptop via tombol power karena otomatis akan menghantarkan arus listrik.

2. Matikan Laptop

Setelah mencabut kabel charger dari laptop, cobalah juga langsung untuk mematikan laptop untuk menghindari konsleting ke dalam kabel komponen di dalam keyboard laptop Anda. Waktu minimum untuk mematikan laptop adalah sekitar 10 jam, diamkan hingga air benar-benar kering dan menghindari adanya konsleting.

3. Membersihkan Laptop Selebar Mungkin

Anda harus membuka laptop dengan selebar mungkin agar nantinya komponennya mudah untuk dilepas. Akan tetapi, Anda harus memastikan perangkat ini sudah tidak terkoneksi dengan listrik guna menghindari korsleting.

Setelah membuka laptop selebar mungkin, posisikan perangkat tersebut dengan menghadap ke bawah. Jadi, Anda harus memposisikan laptop seperti membentuk tenda dan membiarkan posisi tersebut selama beberapa jam.

Tujuannya yaitu untuk mengeluarkan air yang sudah menyusup lebih ke dalam perangkat laptop. Hal ini juga berguna untuk mencegah cairan masuk lebih dalam ke komponen laptop yang bisa memicu kerusakan pada hardware.

4. Gunakan Kipas Angin

Sebagian air yang sudah disingkirkan harus segera dibersihkan. Cara mengatasi keyboard terkena air berikutnya adalah dengan memanfaatkan kipas angin. Selain kipas angin, alat lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah hair dryer. Jadikan keyboard sebagai objek pengganti rambut, jika Anda menggunakan hair dryer. Pastikan Anda mengeringkannya secara merata, baik melalui bagian atas keyboard maupun bagian bawah. Sehingga proses pengeringan akan berlangsung lebih cepat.

5. Lepas Baterai Laptop

Solusi selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melepas baterai laptop Anda. Tujuannya sama seperti ketika Anda mematikan laptop, yakni untuk memutus aliran listrik yang mengalir pada laptop Anda. Jika tipe laptop Anda menggunakan tipe laptop yang menggunakan baterai cabut, cabutlah baterai laptop Anda dengan segera.

Beberapa cara mengatasi keyboard laptop terkena air di atas bisa Anda coba sebagai solusi agar kerusakan perangkat tidak terlalu parah. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru