Cara Mengatasi Sering Kentut Secara Alami, Segera Lakukan!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mengatasi sering kentut yang terjadi pada tubuh kamu. Simak Ulasannya!

INDIFFS.COMKentut atau buang angin merupakan hal yang normal, akan tetapi bila kentut atau buang angin ini terjadi secara terus menerus perlu di waspadai karena bisa jadi kondisi medis yang terjadi pada tubuh kamu sehingga menyebabkan kamu sering kentut.
Tentunya hal ini akan membuat kamu merasa malu, jika terjadi di depan umum. Memang menahan kentut atau buang angin ini tidak boleh, karena akan berkait erat dengan kesehatan. Meski demikian ada beberapa cara mengatasi sering kentut atau buang angin.

Cara Mengatasi Sering Kentut

Berikut beberapa cara agar tidak terjadi buang angin yang berlebihan:

1. Menghindari Makanan Pemicu Kentut

Cara mengatasi terjadinya kentut yang berlebih ini ialah dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan produksi gas yang berlebih. Cara ini menjadi salah satu cara yang efektif dan mampu mencegahnya. Adapun beberapa makanan pemicu terjadinya buang angin berlebih ialah:

  • Kacang-kacangan
  • Kol
  • Kismis
  • Bawang bombay
  • Brokoli
  • Kembang kol
  • Jamur

2. Mengurangi Konsumsi Makanan Mengandung Gula

Makanan yang mengandung gula tinggi menjadi pemicu terjadinya gas keluar yang berlebih. Untuk cara mengatasinya ialah dengan mengurangi makanan yang mengandung gula berlebih, apalagi jika kandungan gula di dalamnya merupakan pemanis buatan.

3. Kurangi Makanan yang Tinggi Serat Untuk Sementara

Kandungan serat itu sangat baik baik kondisi tubuh, akan tetapi jika tubuh sedang mengalami kondisi yang buruk pada pencernaan, sebaiknya kamu harus mengurangi makanan yang mengandung serat tinggi. Cukup menguranginya saja dan tidak perlu menghindarinya, agar kebutuhan nutrisi tubuh kamu terpenuhi.

4. Meminum Air Putih Sebelum Makan

Cara mengatasi buang angin yang berlebih selanjutnya ialah dengan meminum air putih sebelum makan, jika kamu jarang melakukan hal in sebaiknya lakukan. Dengan minum air putih sekitar 30 menit sebelum makan, dapat membantu perut mencerna makanan dengan lebih baik dan mengurangi produksi gas. Sehingga dapat membantu untuk pencegahan terjadinya kentut yang berlebih.

5. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga menjadi salah satu cara mencegah terjadinya sering kentut, dimana dapat melepaskan gas yang terperangkap di dalam perut. Kamu dapat mencoba berbagai jenis olahraga untuk mengatasi keluhan sering kentut, seperti jalan kaki setelah makan, lompat tali, atau berlari, dan olah raga ringan lainnya.

6. Mengurangi Kebiasaan Menelan Udara

Kebanyakan udara yang masuk kedalam tubuh menjadi pemicu terjadinya sering kentut. Seperti merokok, mengunyah permen karet, minum dari sedotan juga bisa meningkatkan volume udara yang menumpuk masuk ke dalam perut.

7. Menghindari Minuman yang Mengandung Soda

Minuman bersoda dan beralkohol jenis minuman ini membuat banyak gelembung udara menumpuk di saluran pencernaan, sehingga kamu jadi sering kentut. Dengan itu cara pencegahan terbaik dengan cara mengurangi konsumsi minuman tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi sering kentut atau buang angin. Bagaimanapun itu cara yang terbaik ialah dengan menjaga pola makan serta pola hidup sehat agar tubuh kamu tetap sehat dan terjaga.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru