Cara Mengecek Apa MBTI Kita Dengan Tes Kepribadian Gratis!

Resa Azzahra 0 Komentar

Cara Mengecek MBTI adalah salah satu cara untuk mengetahui kepribadian diri. Jika kamu ingin mencobanya simak ulasan dan Link berikut ini!

INDIFFS.COM – Cara mengecek MBTI banyak orang yang belum mengetahuinya. MBTI adalah tes kepribadian yang dibentuk untuk mengelompokkan individu berdasarkan cara berpikir dan tingkah laku. Tahun lalu, tes 16 kepribadian ini cukup populer di dunia maya.  Keunikan MBTI dikemas oleh NERIS Type Explorer dalam bentuk website yang bernama 16 Personalities. Website tersebut memberikan tes kepribadian secara gratis untuk publik.

Cara Mengecek MBTI

Mengetahui kepribadian dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai macam tes. Beberapa website pun sudah di menyediakan fasilitas untuk beberapa orang untuk mengecek MBTI. Berikut ini cara untuk mengetahui MBTI kita:

  • Buka Brower, Hal yang pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan membuka browser dan cari Link MBTI atau akses alamat 16 Personalities .
  • Bahasa, Yang kedua pilihlah bahasa yang bisa kamu pahami,  di website tersebut terdiri dari 37 bahasa.
  • Ikut Tes, Jika sudah klik ikut tes untuk mengerjakan tes dalam waktu kurang dari 12 menit. Pastikan saat mengikuti tes jawab dengan jujur dan hindari jawaban netral.
  • Setelah selesai, klik submit untuk melihat hasil.

Jika kamu penasaran akan arti dari MBTI, klik Tipe kepribadian di menu paling atas. Pengguna juga dapat melihat survei, artikel dan sejarah yang lebih lengkap di website versi bahasa yang kamu inginkan.

MBTI juga menyajikan serangkaian pertanyaan sesuai preferensi kita pada empat domain atau klasifikasi berbeda. Empat domain yang dikembangkan oleh Briggs dan Myers yaitu:

  1. Introvert (I) – Ekstrovert (E), yaitu pengkategorian seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain.
  2. Sensing (S) – Intuition (N), yaitu cara seseorang dalam memahami sebuah informasi.
  3. Thinking (T) – Feeling (F), yaitu cara seseorang dalam mengambil keputusan.
  4. Judging (J) – Perceiving (P), yaitu cara seseorang dalam merespon dan menyikapi lingkungan sekitar.

Dan pada umumnya, tes MBTI akan membagi kepribadian seseorang berdasarkan dengan kategori khusus, yaitu (I) Introversion vs (E) Extraversuon, (N) Intuitive vs (S) Sensory, (T) Thingking vs (F) Feeling dan (J) Judging vs (P) Perceiving.

Dari tes MBTI ini ada beberapa orang percaya bahwa hal ini bisa membuat individu menjadi lebih berkembang, dapat memahami dirinya sendiri dan memahami kepribadian orang lain dengan menghargai perbedaan. Selain itu, tes ini bisa menjadi tolak ukur seseorang, emosi, trauma, tingkat kedewasaan hingga penyakit.

Akan tetapi, jika kamu ingin mengetahui kekurangan dari kepribadian yang dimiliki lebih jelas, kamu bisa mendiskusikan langsung dengan psikolog atau psikiater.

Dalam tes ini tentunya kepribadian setiap orang berbeda- beda. Dari keragaman tersebutlah, masyarakat dapat saling menghormati dan menghargai satu sama lain dengan menerima setiap perbedaan yang ada.

Demikianlah cara mengecek MBTI kita dan arti dari singkatan MBTI yang dapat kamu ketahui. Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru