Cara Mengecek Nomor Porsi Perkiraan Keberangkatan Haji 2022

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Lakukan cara ini untuk bisa mengecek keberangkatan haji tahun 2022, dengan nomor porsi yang telah didapatkan pada saat mendaftar di bank.

INDIFFS.COM – Bagi seseorang yang telah mendaftarkan diri untuk pergi haji, pastinya akan memiliki nomor porsi. Dengan mendapat nomor porsi, berarti seseorang sudah termasuk jemaah haji kuota Depag Resmi. Nah, untuk mengetahui jadwal keberangkatan, calon jemaah bisa melakukan beberapa cara untuk mengecek keberangkatan haji melalui nomor porsi.

Namun kini, cara cek porsi haji  atau cek keberangkatan haji bisa dilakukan secara online dengan mudah. Calon yang sudah mendaftar, bisa mengetahui perkiraan keberangkatan haji melalui laman https://haji.kemenag.go.id/v4/. Yang mana, nantinya sistem akan menampilkan informasi jadwal keberangkatan haji calon jemaah.

Cara Mengecek Keberangkatan Haji

Mengutip dari Indonesia baik, pengecekan perkiraan keberangkatan dapat dilakukan menggunakan nomor porsi calon jemaah. Dimana nomor tersebut, tertera dalam bukti setoran awal yang didapatkan saat mendaftar haji di bank. Bukti setoran awal tersebut merupakan bukti seseorang telah terdaftar sebagai peserta calon haji.

Setelah calon jemaah haji melakukan pembayaran setoran awal haji sebesar Rp. 25 juta ke BPS (bank), calon jemaah haji akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang mencantumkan nomor porsi haji.

Adapun berikut cara cek nomor porsi haji 2022:

  • Siapkan nomor porsi haji yang telah dimiliki.
  • Buka laman https://haji.kemenag.go.id/v4/
  • Scroll ke bawah hingga menemukan kolom “Perkiraan Keberangkatan”.
  • Masukkan nomor porsi haji yang bejumlah 10 digit angka pada kolom “Nomor Porsi”.
  • Lalu, klik tombol “Cari”.
  • Selanjutnya, layar akan menampilkan informasi jadwal keberangkatan.

Apabila tidak bisa melihat estimasi pemberangkatan calon haji, bisa jadi situs Kementerian Agama sedang dalam maintenance server atau server sedang overload. Hal ini disebabkan terlalu banyaknya orang yang menggunakan situs untuk mengecek jadwal keberangkatan haji mereka tiap harinya. Untuk itu, bisa melakukan cek porsi haji, nanti atau keesokan harinya.

Cara Cek Keberangkatan Haji Plus

Untuk bisa mengecek keberangkatan haji plus, terlebih dahulu calon jemaah harus memiliki nomor porsi yang didapat melalui pendaftaran dan setoran awal biaya perjalanan di bank kurang lebih sekitar Rp 65 juta.

Yang mana nantinya, nomor porsi ini biasanya diberikan kepada calon jemaah kurang lebih selama 2 minggu hingga 2 bulan setelah proses pendaftaran selesai.

Adapun cara untuk melihat jadwal keberangkatan haji plus ini, tidak jauh berbeda dengan mengecek keberangkatan haji reguler, yaitu:

  • Buka situs https://haji.kemenag.go.id/v4/
  • Kemudian pilih bagian Basis Data.
  • Kemudian klik pada “Perkiraan Keberangkatan”.
  • Lalu masukkan nomor porsi sebanyak 10 digit yang didapat.
  • Pilih tanda “Cari” lalu tunggu hingga jadwal keberangkatan muncul.

Informasi Keberangkatan Haji

Sebagai catatan, perkiraan keberangkatan haji dapat berubah sesuai perubahan kuota provinsi/kab/kota/haji khusus dan perubahan regulasi. Selain itu, perkiraan keberangkatan haji hanya dihitung untuk jemaah yang belum batal atau belum berangkat.

Selama masa operasional haji, dilakukan perubahan tahun awal menjadi tahun berikutnya untuk antisipasi jemaah yang akan berangkat. Selesai masa operasional, perkiraan berangkat semua jemaah dimulai dari musim haji berikutnya.

Jika nomor porsi mundur pada masa operasional haji, silakan cek kembali setelah masa operasional haji.

Demikian cara cek nomor porsi keberangkatan haji 2022 yang bisa dilakukan secara online di laman resmi Kementrian Agama RI.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru