Cara Mengembangkan Growth Mindset Untuk Memiliki Kualitas Diri

Admin 0 Komentar

Ingin memiliki usaha yang lancar dan pola pikir berkembang? Yuk ikuti beberapa cara untuk mengembangkan growth mindset mu agar lebih baik!

INDIFFS.COM – Ingin memiliki karier yang lancar serta cemerlang? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan hanyalah dengan membangun atau mengembangkan Growth Mindset agar menjadi kebiasaan.

Growth mindset adalah cara berpikir dimana seseorang yakin bahwa kemampuan dan kecerdasan personal masih dapat terus berkembang dan seiring dengan bekerja keras dan latihan yang kita lakukan. Kata dari Growth mindset merupakan istilah yang diperkenalkan dengan istilah fixed mindset (kebalikan dari Growth mindset).

Fixed mindset merupakan cara berpikir yang meyakini bahwa kecerdasan itu bawaan dari lahir. Sedangkan Growth mindset adalah pola pikir berkembang. Pola pikir ini bisa membuat kehidupan kita semakin maju atau justru sebaliknya. Tak bisa dipungkiri, kehidupan di dunia akan terus mengalami perubahan.

Cara Mengembangkan atau Membangun Growth Mindset

Memiliki Growth mindset adalah hal yang sangat baik untuk kehidupan. Jika pola pikir kita berkembang, berarti kita percaya dengan kecerdasan dan bakat yang kita miliki. Hal ini akan membuat kita untuk lebih menghargai proses yang akan dilalui. Tak hanya kemampuan dasar saja, Growth mindset juga bisa dilakukan jika kita ingin mengembangkan keterampilan baru.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membangun Growth mindset. Berikut tips yang bisa diterapkan:

1. Akui dan Rangkul Ketidaksempurnaan

Akui dan rangkulah ketidaksempurnaan dalam diri sendiri dan orang lain, karena itu merupakan bumbu yang akan membuat kita semua menjadi individu. Kita semua memiliki kekurangan, keanehan, dan ketidaksempurnaan. Hal ini bisa membuat kita menjadi unik, maka cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri. Mereka yang memiliki growth mindset harus mengakui ketidaksempurnaanya, sehingga kita akan paham bawah tidak tahu dan tidak pandai sesuatu itu hanya bersifat sementara.

Jika hal itu sudah dipahami, maka tidak perlu malu untuk membuktikan bahwa kita lebih pintar dari saat ini.

2. Hadapi Tantangan dengan Berani

Jika kamu merasa takut untuk menghadapi tantangan, berhentilah dan ubah situasi dalam pikiran. Anggap tantangan-mu sebagai ‘peluang’, sehingga sedikit mengubah perspektif untuk memudahkan kamu untuk terlibat. Setiap tantangan atau peluang dapat mengundang kita ke dalam pengalaman baru yang merupakan berbagai macam petualangan. Untuk itu, cobalah untuk mengembangkan keterampilan baru atau menavigasi situasi baru. Hal ini dapat mendorong diri untuk meningkatkan kemampuan melalui usaha dan pelajaran yang baik dari ketekunan.

3. Pergi dari Zona Nyaman

Jika ingin berkembang, kita harus berani untuk pergi dari zona nyaman. Hal ini mampu menumbuhkan pola pikir yang berkembang sehingga mampu menghadapi tantangan yang memungkinkan akan tumbuh dalam dirimu. Untuk itu, cobalah untuk mencoba hal baru dan keluarlah dari zona nyaman-mu.

4. Perhatikan Kata dan Pikiranmu

Mulailah dengan memperhatikan kata yang akan diucapkan, bahkan kata yang ada dalam pikiran.Jadi jagalah ucapan dirimu, dengarlah apa yang kamu katakan dan pikirkan, tutupi diri dan jadilah dirimu sendiri. Perhatikan bagaimana orang lain disekitar mu berbicara dan bertindak, dekati mereka yang memiliki mindset yang berkembang.

5. Jangan Takut Kegagalan

Mulailah melihat kegagalan bukan sebagai tanda ketidakmampuan tetapi sebagai bagian dari proses belajar. Karena, tidak ada yang memulai usaha apa pun untuk menjadi contoh sempurna dari tujuan. Bahkan atlet, artis dan tokoh bisnis hebat dunia dimulai sebagai anak dengan sedikit bakat atau keahlian. 

Pasalnya, kegagalan hanya akan memberikan kita kesempatan untuk mencari tahu apa sebenarnya sumber kesalahan yang sudah kita buat. Ingatlah bahwa belajar dari kesalahan lalu segera bangkit lagi adalah ciri khas utama growth mindset.

6.  Berhenti Mencari Persetujuan Orang Lain

Persetujuan dari orang lain seringkali dapat mencegah mindset berkembang, menumbuhkan penerimaan diri dan persetujuan diri. Belajarlah untuk mempercayai diri sendiri, kamu adalah satu-satunya orang yang akan selalu ada dalam hidup-mu sehingga diri sendiri lah yang akan di butuhkan untuk mengasahnya.

7. Bersikap Realistis

Dibutuhkan waktu untuk mempelajari keterampilan baru, seperti belajar bahasa baru, belajar memainkan alat musik atau belajar bagaimana menjadi pengacara yang baik. Mengingat hal ini dapat membantu dengan mindset berkembang.

8. Kecepatan Tidak Penting

Ketika kamu memiliki mindset berkembang, hasil akhirnya kurang fokus. Sebaliknya, kamu sepenuhnya terlibat dan berusaha keras dalam prosesnya, tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan. Kebetulan, berfokus pada proses sering kali juga meningkatkan hasil, karena kamu telah melakukan banyak upaya di sepanjang jalan.

9. Menerima Kritik atau Saran

Tujuan kritik adalah untuk membuat segalanya menjadi lebih baik. Orang lain dapat melihat apa yang kita lakukan dari perspektif yang sedikit berbeda dan mungkin memiliki beberapa saran yang cukup berharga untuk mu. Hal ini akan membuat mu lebih mudah untuk mengembangkan mindset berkembang.

10. Kembangkan Rasa Memiliki Tujuan

Apakah hidupmu terasa seperti didorong oleh tujuan? Jika ya, tentukan sendiri apa yang tercakup dalam tujuan itu. Jika pikiranmu sedang kosong, pikirkanlah sebuah tujuan agar hidupmu dapat menjadi jelas. Renungkan “tujuan” dan lihat informasi menarik apa yang muncul sampai kamu merasa tahu esensi dari tujuan, atau mungkin sebagian darinya. Kemudian kejarlah, itulah yang akan membantu untuk membangun mindset berkembang.

11. Miliki Sikap Growth Mindset

Jika kamu menghargai memiliki mindset berkembang, maka luangkan waktu dan usahakan untuk mengembangkannya. Kembangkan ketahanan di sepanjang jalan, kamu sedang membentuk ulang pikiran dan itu hal yang sangat keren.

Nah itulah 11 cara untuk mengembangkan growth mindset yang bisa kamu coba, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru