Cara Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Tepat, Jangan Sembarang!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Ada langkah tertentu yang harus dilakukan saat memakai obat mata agar lebih efektif. Berikut ini cara menggunakan obat tetes mata yang tepat!

Indiffs – Obat tetes mata sering dibutuhkan untuk mengatasi mata merah, konjungtivitis, dan glaukoma. Penggunaan obat tetes mata yang tidak benar dapat menyebabkan terapi tidak efisien, seperti kegagalan meneteskan obat pada area bola mata atau meneteskan obat lebih dari satu tetes setiap kali penggunaan. Terdapat sejumlah cara menggunakan obat tetes mata yang tepat, simak berikut ini.

Cara Menggunakan Obat Tetes Mata

Ada langkah-langkah tertentu yang harus dilakukan saat memakai obat tetes mata agar lebih efektif dan efisien. Berikut adalah cara menggunakan obat tetes mata yang tepat:

1. Periksa Kondisi Botol Kemasan

Cek botol kemasan obat tetes mata yang akan digunakan, pastikan botol tidak rusak. Obat tetes mata tentu harus dalam kondisi steril, dan periksa tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Kocok terlebih dahulu botol obat tetes mata sebelum digunakan.

2. Mencuci Tangan

Sebelum meneteskan obat ke mata, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri atau kuman lainnya ke mata.

3. Lepas Lensa Kontak

Melepaskan lensa kontak pada mata bila Anda memakainya, kecuali jika terdapat instruksi khusus dari dokter untuk tidak perlu melepaskan lensa kontak.

4. Condongkan Kepala ke Belakang

Anda dapat memilih posisi yang paling nyaman, apakah berbaring atau condongkan kepala Anda ke belakang. Tapi pastikan untuk membuka mata lebar-lebar dan arahkan pandangan mata ke atas.

5. Tarik Kelopak Mata

Dengan menggunakan satu atau dua jari, tarik kelopak mata bawah sehingga membentuk sebuah kantong. Kantong tersebut akan menjadi tempat bagi Anda untuk meneteskan obat mata.

Dengan menggunakan tangan lain, pegang botol obat dan posisikan ujung pipet obat mata berjarak 2,5 sentimeter (cm) dari mata Anda. Tekan botol tetes secara perlahan sampai jumlah tetes cairan yang dibutuhkan masuk ke dalam kantung kelopak bawah mata. Hati-hati agar ujung pipet obat tidak menyentuh apapun karena dapat terkontaminasi kuman.

6. Tutup Mata dan Jangan Berkedip

Lepaskan tangan Anda dari kelopak mata dan turunkan kepala Anda. Lalu tutup mata Anda selama 2-3 menit untuk memberikan waktu bagi mata untuk menyerap obat. Jangan berkedip karena akan mendorong cairan obat keluar dari mata Anda sebelum sempat diserap.

7. Tekan Sudut Mata Bagian Tengah

Tekan sudut mata bagian tengah, yang dekat dengan hidung selama satu menit. Tujuannya agar cairan obat mata tidak masuk ke dalam saluran air mata yang berhubungan dengan hidung.

Jika tidak dilakukan, cairan obat yang masuk ke dalam hidung akan diserap ke dalam darah sehingga mengurangi dosis obat yang seharusnya diserap oleh mata. Selain itu, lidah akan terasa tidak enak karena cairan obat bisa saja menetes ke dalam rongga mulut.

8. Bersihkan Cairan Berlebih Pada Wajah

Setelah 2-3 menit, bersihkan kelebihan obat dengan menggunakan tissue secara perlahan dan jangan lupa segera tutup kemasan obat agar tidak terkontaminasi oleh kuman. Terakhir, jangan lupa cuci tangan Anda.

Jika harus menggunakan lebih dari satu obat, berikan jarak waktu 5 menit sebelum meneteskan obat yang kedua. Karena, apabila terlalu cepat diberikan maka obat yang kedua akan menghapus obat yang pertama sehingga Anda terpaksa harus mengulang pemberian obat kedua.

Demikianlah beberapa cara menggunakan obat tetes mata yang tepat, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru