Cara Menghapus Cache Google Chrome di Laptop, Yuk Simak!

Dini NHaH 0 Komentar

Cache yang menumpuk terlalu banyak bisa memperlambat performa aplikasi google chrome atau perangkat Anda, maka segeralah untuk menghapus nya.

INDIFFS.COM – Biasanya, peramban Google Chrome mengumpulkan dan menyimpan data setiap kali pengguna menjelajahi situs. Tentunya, pengumpulan data dan informasi itu membentuk cookie dan cache di google chrome yang berfungsi membantu pengguna laptop masuk ke situs yang sering dikunjungi. Namun seringkali cache chrome yang menumpuk itu dianggap sepele, padahal Anda perlu tahu juga untuk menghapus nya.

Cache merupakan tempat penyimpanan sementara sebuah file online yang pernah diakses sebelumnya. Proses untuk menyimpan file tersebut disebut caching.

Jadi ketika Anda mengetikkan sebuah nama website, pada dasarnya Anda meminta sejumlah file online untuk ditampilkan. File tersebut bisa berupa gambar, foto, video, teks, dan lainnya. Prosesnya sendiri berlangsung sekejap bagi Anda. Namun, bagi Chrome sebagai browser, ada banyak proses yang harus dilewati.

Membersihkan cache merupakan langkah yang penting. Jika tidak dikelola dengan baik, cache akan menimbulkan masalah bagi performa browser Anda. Lalu, bagaimana cara membersihkan cache di Chrome? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membersihkan Cache di Chrome

Penumpukan cache itu akan memakan ruang penyimpanan di laptop. Solusinya, Anda bisa menghapus data supaya menjaga browser Google Chrome tetap ringan, berjalan lebih mulus, dan menyimpan cookie pelacakan sesedikit mungkin.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membersihkan cache di Chrome:

1. Pada tampilan utama Chrome, Anda bisa memilih ikon titik tiga yang berada di sebelah kanan atas.

Tampilan Utama Chrome

Tampilan Utama Chrome – Indiffs

2. Pilih menu More Tools.

More Tools

More Tools – Indiffs

3. Pilih menu Clear Browsing Data.

Clear Browsing Data

Clear Browsing Data – Indiffs

4. Terdapat dua tab yang bisa dipilih yaitu Basic dan Advanced. Secara default, Chrome sudah memilihkan opsi yang aman untuk dihapus pada menu Basic. Kemudian pilih Time range (rentang waktu): All time, Last 4 weeks, Last 7 days, Last 24 hours, dan Last hour. Lalu, pilih Clear data.

Clear Data

Clear Data – Indiffs

5. Setelah klik clear data, maka Anda akan kembali ke halaman setting.

Kembali ke Setting

Kembali ke Setting – Indiffs

Nah, itulah cara untuk menghapus cache google chrome di laptop yang sangat mudah dan cepat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru