Cara Menghilangkan Mulut Pahit? Berikut Penyebab & Caranya

Resa Azzahra 0 Komentar

Mulut Pahit Merupakan Hal Umum Terjadi, Hal ini Menyebabkan Nafsu Makan Menjadi Menurun Sehingga Dapat Mengakibatkan Sakit Yang Parah.

IndiffsMulut pahit merupakan hal yang umum terjadi, kondisi seperti ini yang menyebabkan nafsu makan menjadi menurun sehingga dapat mengakibatkan sakit yang parah. Untuk itu perlu untuk menghilangkan mulut pahit dengan aman dan maksimal.

Kondisi ini tak hanya disebabkan oleh sakit. Namun, ada banyak hal yang dapat memicu munculnya kondisi seperti ini. Mulut pahit dapat terjadi kepada orang yang mengalami mulut kering dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Berikut ini ada penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Mulut Pahit

Rasa pahit pada mulut ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari asam lambung, masalah pada gigi dan gusi hingga konsumsi obat-obatan. Kondisi mulut yang terasa pahit sebaiknya jangan dibiarkan. Nah, mengetahui penyebabnya penting untuk menentukan pengobatan yang tepat. Berikut ini hal yang menjadi pemicu seseorang mengalami rasa pahit di mulut:

  1. Penumpukan bakteri, yang muncul dapat mengakibatkan rasa pahit di mulut. Kondisi ini bisa menjadi parah jika ada gigi yang berlubang. Tumpukan kuman dan bakteri jadi pemicu bau mulut dan sangat penting untuk selalu membersihkan gigi serta menjaga kebersihan mulut secara menyeluruh.
  2. Mulut kering, kondisi ini terjadi ketika mulut tidak menghasilkan cukup air liur untuk membantu mengurangi bakteri yang ada di dalam mulut. Memiliki air liur yang sedikit akan menyebabkan lebih banyak bakteri yang bertahan di dalam mulut.
  3. Kurang vitamin, kurangnya asupan vitamin B12 dan zinc dapat memicu mulut terasa pahit, asupan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ. Untuk itu pastikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian dari makanan maupun suplemen tambahan.
  4. Sedang hamil, hal ini terjadi karena ada peningkatan atau penurunan kadar hormon estrogen yang tidak seimbang. Perubahan hormon tersebut menjadi penyebab perubahan rasa pada area mulut menjadi pahit. Kondisi ini juga biasanya terjadi pada wanita yang tengah haid.

Cara Menghilangkan Mulut Pahit

Berikut beberapa cara mengenai cara efektif untuk menghilangkan mulut pahit, yaitu.

  1. Konsumsi makanan tertentu, ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan rasa pahit yang muncul akibat sakit. Untuk itu gunakan salah satunya seperti buah-buahan citrus yakni, lemon jeruk nipis yang memiliki rasa asam dan makanan manis seperti sirup, namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, asupan gula yang tinggi pada tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes.
  2. Perbanyak minum, kekurangan produksi air liur yang menyebabkan mulut kering, lalu terasa pahit. maka harus memperbanyak minum air putih sesuai kebutuhan bisa menjadi cara mudah untuk mengatasi rasa pahit di mulut.
  3. Jaga kebersihan mulut, gigi, gusi, serta area sekitar mulut yang tidak terawat sangat rentan terhadap pertumbuhan bakteri penyebab mulut pahit untuk itu, sebaiknya bersihkan mulut hingga tuntas. Agar dapat membersihkan nya dengan tuntas, pastikan kamu rutin menggosok gigi dengan benar, berkumur menggunakan obat kumur atau larutan air garam.
  4. Berhenti merokok, perlu diketahui bahwa rokok dapat memperburuk rasa logam atau pahit pada lidah. Selain itu, merokok juga telah terbukti dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru