Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya, Praktis!

Resa Azzahra 0 Komentar

Sudah bukan rahasia lagi jika daun pepaya memiliki Rasa Pahit, berikut Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya dengan mudah & praktis.

Indiffs – Selain memiliki rasa buahnya yang manis, daun pepaya dapat digunakan sebagai obat herbal maupun bahan masakan. Daun pepaya yang memiliki rasa yang pahit ini ditimbulkan oleh senyawa alkanoid karpain yang terkandung dalam daun pepaya.

Daun ini sering diolah menjadi berbagai menu masakan seperti tumis daun pepaya dan banyak yang tidak suka memakan masakan ini, karena rasanya yang pahit. Kamu bisa ikuti cara yang akan kita sajikan berikut ini.

1. Rendam Oleh Garam Dapur

Rasa asin yang dimiliki oleh garam dapur dapat mengurangi rasa pahit yang terkandung dalam daun pepaya.

Caranya yaitu dengan mencuci bersih terlebih dahulu daun pepaya lalu rendam dengan air yang sudah dicampur dengan garam. Rendam sekitar 1 jam untuk memastikan rasa pahit dari daun pepaya benar-benar hilang. Setelah selesai direndam, tiriskan daun pepaya sambil di remas.

2. Asam Jawa

Untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya bisa menggunakan asam jawa. Memiliki cita rasa asam, perpaduan asam dan pahit bisa menghilangkan rasa pahit dari daun ini.

Caranya yaitu dengan merebus daun pepaya dengan asam jawa dan rebus dalam waktu 30 menit, lalu peras daun pepaya dan setelah itu siap untuk diolah kembali. Jika daun pepaya akan terasa asam, karena setelah direbus dicuci kembali menggunakan air mengalir.

3. Tanah Liat

Tanah liat yang digunakan sebagai campuran rebusan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya adalah tanah liat kering. Biasa disebut lempung atau ampo kalau di Jawa Tengah atau Yogyakarta.

Tanah liat cukup populer dipakai untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya. Pilih tanah liat atau tanah lempung yang bersih. Kemudian rebus tanah liat bersama daun pepaya sampai empuk. Setelah itu angkat dan cuci daun sampai bersih.

4. Daun Singkong

Cara ini biasanya yang paling sering dipilih untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya. Mengingat kandungan daun pepaya yang sangat bagus untuk kesehatan, sangat rugi jika tidak memanfaatkannya secara maksimal. Daun singkong yang juga sangat nikmat dimasak ini juga memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Campurkan dan rebus bersama sampai matang. Tiriskan dan olah kedua daun tersebut jadi makanan favorit.

5. Rebus dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji terbukti efektif dan ampuh mengurangi rasa pahit pada daun pepaya. Untuk merebus dengan daun jambu biji, meski masih ada sedikit rasa pahitnya. Untuk daun pepaya, segera peras hingga kering sebelum digunakan. Kamu juga bisa mencucinya terlebih dahulu sebelum memasaknya.

Atau campur daun pepaya dan daun jambu biji. Rebus kedua daun tersebut secara bersamaan. Rebus hingga matang, lalu buang air sisa rebusan dan pisahkan daun keduanya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru