Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut, Dijamin Ampuh!

Hanni Hnsa 0 Komentar

Memiliki telur Kutu? Kini kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan telur kutu yang bisa dilakukan dengan mudah.

IndiffsCara menghilangkan telur kutu rambut tentu diperlukan bagi orang-orang yang mengalaminya. Ya, tak hanya pada anak-anak, keberadaan telur kutu mungkin dialami oleh orang dewasa yang tinggal serumah dengan anak yang memiliki kutu rambut.

Telur kutu rambut biasanya disimpan oleh kutu rambut betina dewasa pada batang rambut. Ia akan terlihat menempel pada helaian rambut.

Kutu rambut sendiri ukurannya sangat kecil, kurang lebih sebesar biji wijen.
Kutu dan telur kutu rambut lebih sering ditemukan di kulit kepala, rambut sekitar tengkuk, dan rambut dekat belakang telinga.

Keberadaan telur kutu rambut menjadi salah satu masalah rambut menyebalkan, tak terkecuali pada orang dewasa. Tidak hanya membuat kepala terasa gatal, telur kutu rambut juga dapat merusak penampilan rambut karena sulit untuk dihilangkan.

Nah, kini kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan kutu dan telurnya yang bisa dilakukan dengan mudah.

Oleskan Perasaan Lemon

Perasan buah lemon juga bisa menjadi cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami. Kamu bisa memeras 1 buah lemon dan mengoleskannya pada rambut secara merata. Diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air dan sampo sampai bersih. Air perasan lemon dapat membantu melarutkan zat yang merekatkan telur kutu pada batang rambut. Dengan demikian, telur kutu mudah lepas dari rambut.

Pakai Sisir Serit

Kamu dapat menggunakan sisir serit atau sisir kutu sebagai salah satu cara menghilangkan telur kutu rambut
Sebelum menggunakan sisir serit bergigi halus, sebaiknya cuci rambut terlebih dahulu menggunakan sampo penghilang kutu agar lebih mudah menghilangkan telur kutu.

Kemudian, bagi rambut dalam beberapa bagian untuk memudahkan kamu saat menyisirnya dengan sisir serit. Lalu, mulai sisir dari kulit kepala hingga ujung batang rambut. Biasanya, telur kutu akan menempel pada sisir serit.

Bersihkan telur kutu ataupun kotoran rambut lain yang terperangkap pada sisir serit dengan cara memasukkannya dalam wadah atau baskom berisi air hangat. Rendam sisir serit terebut selama 15 menit, atau rendam dalam air sampo antikutu selama 10 menit. Lakukan cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya ini secara rutin agar dapat benar-benar hilang sepenuhnya.

Gunakan Shampo Tea Tree Oil

Cara menghilangkan telur kutu rambut dengan sampo tea tree oil atau minyak pohon teh juga tak ada salahnya untuk dicoba. Manfaat tea tree oil dapat membunuh kutu dan menghilangkan telur kutu rambut. Cara menggunakannya, cuci rambut terlebih dahulu menggunakan sampo minyak pohon teh. Saat mencuci rambut, pastikan kamu sudah meratakan cairan sampo ke seluruh helaian rambut agar telur kutu hilang.

Gunakan Cuka

Tahukah kamu kalau cuka dapat digunakan sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut? Kandungan asam yang tinggi pada cuka diklaim sebagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat.

Untuk menggunakannya, kamu bisa membuat larutan cuka dengan cara mencampurkan air dan cuka putih secukupnya. Kemudian, tuang campuran tersebut ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan campuran cuka ke seluruh helaian rambut seraya meratakannya agar rambut kamu basah oleh cuka sepenuhnya. Diamkan selama setengah jam.

Kamu juga bisa mengoleskan cuka apel pada rambut dan kulit kepala sebelum tidur. Lalu, gunakan penutup kepala shower cap dan tidurlah sambil mendiamkannya sampai besok pagi. Selanjutnya, sisir rambut menggunakan sisir serit agar kutu dan telur kutu rambut bisa hilang dengan mudah.

Bawang Putih

Bawang putih diyakini sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami. Caranya, kamu bisa menghaluskan beberapa siung bawang putih secukupnya. Kemudian, oleskan pada kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Diamkan selama 30-40 menit, lalu cuci bersih rambut.

Perlu diketahui bahwa cara menghilangkan telur kutu rambut dengan cepat satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifan nya.
Pasalnya, sebuah studi menemukan bahwa sangat sedikit efektivitas cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya menggunakan bawang putih.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru